Cara Mengganti PLTS Atap yang Rusak di Sekolah

Sumber: canva

PLTS telah menjadi salah satu alternatif energi yang ramah lingkungan untuk digunakan di sekolah. PLTS atap dapat membantu mengurangi biaya listrik dan meningkatkan kesadaran tentang lingkungan. Namun, seperti semua sistem listrik, PLTS juga bisa mengalami kerusakan, sehingga perlu dilakukan penggantian PLTS.

Langkah-Langkah Penggantian PLTS Atap yang Rusak di Sekolah

Berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mengganti PLTS atap yang rusak di sekolah:

1. Evaluasi Kerusakan

Sebelum mulai mengganti panel yang rusak di sekolah, lakukan evaluasi kerusakan terlebih dahulu. Ada beberapa jenis kerusakan yang mungkin terjadi pada atap PLTS, seperti retak, bocor, atau aus. Pastikan Anda mengetahui jenis kerusakan apa yang terjadi pada atap PLTS dan seberapa parah kerusakan tersebut.

2. Persiapan Alat dan Bahan

Setelah mengetahui jenis kerusakan, persiapkan alat dan bahan yang diperlukan. Beberapa alat dan bahan yang biasanya diperlukan untuk mengganti PLTS atap yang rusak di sekolah antara lain:

  1. Panel surya baru
  2. Baut dan sekrup
  3. Sealant
  4. Alat pemotong
  5. Alat pengukur
  6. Sarung tangan
  7. Kacamata pelindung

Pastikan semua alat dan bahan tersedia sebelum mulai bekerja pada PLTS atap yang rusak di sekolah.

3. Amankan Panel Surya

Sebelum mengganti PLTS atap yang rusak di sekolah, pastikan panel surya yang ada tidak akan jatuh atau tergores selama proses pemasangan atap baru. Amankan panel surya dengan memasang bantalan di bawah panel dan melindunginya dengan kain.

4. Penggantian PLTS: Lepaskan Panel Surya yang Rusak

Setelah panel surya diamankan, lepaskan panel surya yang rusak dari atap dengan hati-hati. Pastikan Anda tidak merusak panel surya lainnya atau atap yang masih utuh. Gunakan alat pemotong untuk memotong sekrup atau baut yang mengikat panel surya pada atap. Pastikan tidak merusak panel surya yang masih berfungsi.

5. Bersihkan Area Kerja

Setelah panel surya yang rusak dilepaskan dari atap, bersihkan area kerja dari sisa-sisa sealant dan kotoran lainnya. Pastikan area kerja benar-benar bersih dan bebas dari benda-benda yang dapat mengganggu proses pemasangan atap baru.

6. Pasang Atap Baru

Setelah area kerja bersih, pasang atap baru dengan hati-hati. Pastikan atap baru cocok dengan ukuran dan bentuk panel surya yang akan dipasang kembali. Pasang panel surya dengan baut dan sekrup yang baru, dan pastikan semua bagian panel surya aman terikat pada atap baru.

7. Selesaikan dengan Sealant

Setelah atap dan panel surya dipasang dengan benar, tutup semua celah antara panel surya dan atap dengan sealant. Sealant akan membantu mencegah air masuk ke dalam celah dan merusak PLTS atap di sekolah.

Penutup

Penggantian PLTS atap yang rusak di sekolah dapat membantu menjaga efisiensi dan kinerja PLTS secara keseluruhan. Percayakan perawatan dan maintenance PLTS atap Anda pada Atonergi.

By: Yee Atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979

Instagram: @atonergi
Project: @atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha − 1 = 7