Cara Mendapatkan Sertifikasi PLTS Atap: Panduan Lengkap

Sumber: canva

Panel surya telah menjadi alternatif energi yang populer dan ramah lingkungan untuk menghasilkan listrik. Selain itu, juga dapat membantu mengurangi biaya tagihan listrik. Namun, agar panel surya di atap rumah dapat berfungsi optimal dan terhubung dengan jaringan listrik publik, Anda membutuhkan sertifikasi PLTS Atap.

Persyaratan Sertifikasi PLTS Atap

Sebelum memasang panel surya di atap rumah dan mengajukan sertifikasi, Anda harus memenuhi beberapa persyaratan berikut:

1. Atap yang Cocok

Pastikan atap rumah Anda memenuhi syarat sebagai tempat yang cocok untuk pemasangan panel surya, seperti:

  1. Memiliki luas yang cukup untuk menampung panel surya
  2. Tidak terhalang oleh bangunan atau pohon yang tinggi
  3. Menerima sinar matahari dengan baik

2. Perizinan

Pastikan Anda sudah memperoleh perizinan yang diperlukan dari pemerintah setempat sebelum memasang panel surya di atap rumah. Perizinan yang dibutuhkan antara lain:

  1. Perizinan dari Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM)
  2. Perizinan dari Dinas Tata Ruang dan Permukiman
  3. Perizinan dari Dinas Lingkungan Hidup

3. Sistem Listrik yang Memadai

Pastikan sistem listrik di rumah Anda memadai dan terhubung dengan jaringan listrik publik. Jika tidak, Anda perlu melakukan upgrade sistem listrik atau memasang sistem penampung baterai.

Langkah-langkah Pengajuan Sertifikasi PLTS Atap

Setelah memenuhi persyaratan sertifikasi, Anda dapat mengajukan permohonan sertifikasi solar panel atap melalui beberapa langkah berikut:

1. Persiapan Dokumen

Siapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk pengajuan sertifikasi, antara lain:

  1. Surat permohonan sertifikasi
  2. Surat rekomendasi dari instalator panel surya
  3. Bukti kepemilikan rumah atau surat perjanjian sewa
  4. Sertifikat laik fungsi dari instalasi listrik rumah
  5. Foto-foto instalasi panel surya dan atap rumah

2. Pengajuan Permohonan

Ajukan permohonan sertifikasi ke Badan Sertifikasi Energi Terbarukan (BSET) atau lembaga sertifikasi yang sudah terakreditasi oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Lampirkan dokumen-dokumen yang sudah disiapkan sebelumnya.

3. Inspeksi Lapangan

Setelah pengajuan permohonan, petugas dari lembaga sertifikasi akan melakukan inspeksi lapangan untuk memastikan bahwa instalasi panel surya di atap rumah memenuhi standar dan persyaratan yang ditetapkan. Pastikan instalasi panel surya dan atap rumah dalam kondisi yang baik dan aman.

4. Pemeriksaan Laboratorium

Setelah inspeksi lapangan, sampel panel surya yang dipasang di atap rumah akan diambil dan diperiksa di laboratorium untuk memastikan kualitas dan efisiensi panel surya. Hasil pemeriksaan laboratorium akan digunakan sebagai dasar untuk penerbitan sertifikat.

5. Penerbitan Sertifikat

Setelah memenuhi semua persyaratan dan lolos dari inspeksi lapangan dan pemeriksaan laboratorium, Anda akan menerima sertifikat solar panel atap. Hal ini menunjukkan bahwa instalasi panel surya di rumah Anda telah memenuhi standar dan persyaratan yang ditetapkan oleh lembaga sertifikasi dan Kementerian ESDM.

Penutup

Mendapatkan sertifikasi PLTS Atap adalah langkah penting untuk memastikan instalasi panel surya di atap rumah telah memenuhi standar dan persyaratan yang ditetapkan oleh lembaga sertifikasi dan Kementerian ESDM. Percayakan pemasangan ke Atonergi yang telah tersertifikasi.

By: Yee Atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979

Instagram: @atonergi
Project: @atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 4 + 3 =