Cara Kerja Pompa Air Tenaga Surya Hemat Energi

Sumber: canva

Pompa air tenaga surya hemat energi adalah alat yang menggunakan energi matahari untuk memompa air dari sumber mata air atau sumur ke tempat yang diinginkan. Teknologi ini dapat digunakan sebagai alternatif yang ramah lingkungan dan hemat biaya untuk memenuhi kebutuhan air di rumah.

Bagaimana Cara Kerja Pompa Air Tenaga Surya Hemat Energi?

PATS hemat energi menggunakan panel surya yang terdiri dari beberapa sel surya fotovoltaik untuk mengubah energi matahari menjadi energi listrik. Energi listrik yang dihasilkan kemudian digunakan untuk menggerakkan motor pompa yang dapat memompa air dari sumber air dan mengalirkannya ke tempat yang diinginkan.

Berikut adalah cara kerja PATS secara sederhana:

  1. Panel surya menangkap sinar matahari dan mengubahnya menjadi energi listrik.
  2. Energi listrik mengalir ke kontroler daya yang mengatur arus listrik dan mengisi baterai untuk digunakan pada malam hari atau saat cuaca buruk.
  3. Motor pompa mengambil daya dari baterai untuk memompa air dari sumber air atau sumur.
  4. Air kemudian dialirkan melalui pipa ke tangki penyimpanan atau ke tempat yang diinginkan.

Keuntungan dari Penggunaan Pompa Air Tenaga Surya Hemat Energi

Penggunaan PATS memiliki beberapa keuntungan, di antaranya:

1. Hemat Biaya

Dibandingkan dengan pompa air konvensional yang memerlukan listrik dari jaringan PLN, PATS tidak memerlukan biaya listrik bulanan. Selain itu, biaya perawatan yang rendah membuatnya menjadi pilihan yang ekonomis dalam jangka panjang.

2. Ramah Lingkungan

PATS tidak menghasilkan emisi karbon atau polusi lainnya yang merusak lingkungan. Dengan menggunakannya, kita dapat membantu mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

3. Tahan Lama

PATS biasanya memiliki umur yang panjang dan tahan lama, karena tidak terlalu banyak memiliki komponen elektronik yang rentan terhadap kerusakan.

4. Mudah Dipasang dan Dipindahkan

PATS dapat dipasang dengan mudah dan cepat, tanpa memerlukan infrastruktur yang rumit seperti jaringan listrik. Selain itu, PATS juga dapat dipindahkan dengan mudah jika diperlukan.

Penutup

Pompa air tenaga surya hemat energi adalah solusi yang ramah lingkungan dan hemat energi untuk memenuhi kebutuhan air tanpa bergantung pada pasokan listrik PLN. Selain itu, penggunaan PATS juga memiliki banyak keuntungan. Mari gunakan PATS di rumah atau daerah Anda dengan bantuan instalasi Atonergi!

by : yee atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979

Instagram: @atonergi
Project: @atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha × 4 = 40