Cara Instalasi Panel Surya yang Benar dan Aman

Sumber: Canva

Pemasangan panel surya menjadi semakin populer dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini tidak hanya membantu menghemat pengeluaran listrik, tetapi juga ramah lingkungan. Namun, sebelum melakukan pemasangan panel surya, perlu diketahui bagaimana cara instalasi panel surya yang benar dan aman. 

Cara Instalasi Panel Surya yang Benar dan Aman

Berikut ini merupakan cara instalasi panel surya yang tepat:

1. Pilihlah lokasi yang tepat untuk pemasangan panel surya

Sebelum memulai pemasangan panel surya, pastikan untuk memilih lokasi yang tepat. Lokasi yang tepat adalah tempat yang terkena sinar matahari secara langsung. Pastikan tidak ada bayangan yang dapat menghalangi sinar matahari, seperti pohon atau bangunan. 

2. Siapkan alat dan bahan yang diperlukan

Sebelum memulai pemasangan panel surya, pastikan untuk menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan, seperti panel surya, kabel, inverter, dan sekrup. Pastikan juga untuk mempersiapkan alat keselamatan, seperti helm dan sarung tangan, untuk menghindari cedera saat pemasangan.

3. Pasang panel surya dengan benar

Setelah memilih lokasi yang tepat dan menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan, selanjutnya adalah memasang panel surya dengan benar. Pastikan panel surya dipasang dengan tegak lurus dan tidak miring. Jika panel surya dipasang dengan miring, dapat mengurangi efisiensi panel surya dalam menangkap sinar matahari. 

4. Pasang inverter

Setelah panel surya dipasang dengan benar, langkah selanjutnya adalah memasang inverter. Inverter berfungsi untuk mengubah arus searah (DC) dari panel surya menjadi arus bolak-balik (AC) yang dapat digunakan untuk mengalirkan listrik ke rumah. 

5. Hubungkan panel surya dengan inverter

Setelah inverter dipasang dengan benar, langkah selanjutnya adalah menghubungkan panel surya dengan inverter. Pastikan kabel yang digunakan memiliki ukuran yang cukup besar untuk menangani arus listrik yang besar. Pastikan juga kabel yang digunakan sudah terpasang dengan benar dan aman.

6. Tes instalasi panel surya

Setelah semua langkah pemasangan panel surya selesai dilakukan, lakukan tes untuk memastikan instalasi panel surya sudah berfungsi dengan baik. Pastikan panel surya menghasilkan listrik dan inverter bekerja dengan baik. 

Penutup

Pemasangan panel surya menjadi semakin populer sebagai sumber energi terbarukan yang ramah lingkungan. Namun, perlu diperhatikan cara instalasi panel surya yang benar dan aman untuk menghasilkan listrik yang optimal dan aman bagi lingkungan sekitar. Instalasi panel surya Anda dengan bantuan Atonergi.

By: Yee Atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979

Instagram: @atonergi
Project: @atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 2 + 8 =