Biaya Pasang Panel Surya di Rumah: Semua yang Perlu Diketahui

Biaya Pasang Panel Surya di Rumah: Semua yang Perlu Diketahui

Biaya Pasang Panel Surya di Rumah: Semua yang Perlu Diketahui
sumber: pixabay

Panel surya semakin populer di Indonesia. Banyak rumah dan gedung-gedung perkantoran kini sudah menggunakan panel surya sebagai sumber energi alternatif. Namun, masih banyak yang belum tahu tentang biaya pasang panel surya di rumah. 

Berapa sih biayanya? Apa saja manfaatnya? Dan apa yang perlu dipersiapkan sebelum memutuskan untuk memasang panel surya di rumah? Dalam artikel ini, akan dibahas tentang biaya pasang panel surya di rumah.

Apa itu Panel Surya?

Sebelum membahas biaya pasang panel surya di rumah, mari kita bahas dulu apa itu panel surya. Panel surya adalah perangkat elektronik yang dapat mengubah sinar matahari menjadi energi listrik. 

Panel surya terdiri dari sel-sel fotovoltaik yang terbuat dari silikon. Ketika sinar matahari mengenai sel-sel fotovoltaik, maka akan terjadi efek fotovoltaik yang akan menghasilkan listrik.

Manfaat Pasang Panel Surya di Rumah

Setelah mengetahui apa itu panel surya, sekarang kita bahas manfaat dari pasang panel surya di rumah.

1. Menghemat Biaya Listrik

Manfaat utama dari pasang solar panel di rumah adalah menghemat biaya listrik bulanan. Dengan memanfaatkan energi matahari sebagai sumber listrik, maka Anda tidak perlu lagi membayar tagihan listrik yang mahal setiap bulannya.

2. Ramah Lingkungan

Penggunaan panel surya sebagai sumber energi alternatif juga lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan energi fosil seperti minyak bumi atau gas alam. Panel surya tidak menghasilkan gas rumah kaca dan tidak mencemari lingkungan.

3. Menambah Nilai Properti

Pasang solar panel di rumah juga bisa meningkatkan nilai properti. Rumah yang menggunakan panel surya dianggap lebih modern dan ramah lingkungan, sehingga nilainya akan lebih tinggi.

Biaya Pasang Panel Surya di Rumah

Nah, setelah mengetahui manfaat dari pasang solar panel di rumah, sekarang kita bahas biaya pasang solar panel di rumah.

1. Biaya Panel Surya

Biaya panel surya dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti ukuran panel surya, kualitas panel surya, merek panel surya, dan jumlah panel surya yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan listrik rumah Anda.

2. Biaya Instalasi

Biaya instalasi panel surya di rumah bisa lebih mahal dibandingkan biaya panel surya itu sendiri. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti ukuran panel surya, jenis atap rumah, jenis inverter, dan jarak antara panel surya dengan inverter.

3. Biaya Komponen Lainnya

Selain biaya panel surya dan biaya instalasi, ada beberapa komponen lain yang diperlukan untuk memasang panel surya di rumah. Beberapa komponen ini antara lain inverter, baterai, kabel, pengontrol daya, dan pemantau daya.

Penutup

Memasang panel surya di rumah dapat menjadi pilihan yang menguntungkan untuk menghemat biaya listrik bulanan. Anda dapat menghubungi Atonergi untuk mencari informasi yang akurat dan terpercaya tentang biaya pasang panel surya.

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979
Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Penulis: Tiger

Penyunting: Alpaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 8 × = 8