Biaya Pasang Panel Surya: Berapa yang Dibutuhkan?

sumber : pixabay

Pemasangan panel surya di rumah atau gedung dapat membantu mengurangi tagihan listrik dan bahkan bisa menghasilkan uang dari surplus listrik yang dihasilkan. Tetapi, sebelum Anda mulai memasang panel surya, pertanyaan utama yang muncul adalah “berapa biaya pasang panel surya yang dibutuhkan?”

Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang biaya pasang panel surya dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi harga tersebut.

Biaya Pasang Panel Surya

Biaya pasang panel surya dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor seperti ukuran sistem, jenis panel surya, dan lokasi geografis. Secara umum, biaya instalasi panel surya bisa berkisar antara Rp10 juta hingga Rp200 juta.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Biaya Pasang Panel Surya

Ukuran Sistem

Biaya instalasi panel surya tergantung pada ukuran sistem yang akan diinstal. Semakin besar sistem yang dipasang, semakin mahal biayanya. Ukuran sistem dihitung berdasarkan kapasitas daya yang dihasilkan dalam kilowatt peak (kWp).

Jenis Panel Surya

Jenis panel surya yang dipilih juga mempengaruhi biaya instalasi. Panel surya polikristalin biasanya lebih murah daripada panel surya monokristalin. Namun, panel surya monokristalin lebih efisien dalam menghasilkan listrik.

Lokasi Geografis

Lokasi geografis juga dapat mempengaruhi biaya instalasi panel surya. Biaya instalasi di daerah yang lebih terpencil atau sulit dijangkau akan lebih mahal daripada di daerah yang lebih mudah dijangkau.

Keuntungan Pasang Panel Surya

Hemat Tagihan Listrik

Dengan menggunakan panel surya, pengguna bisa menghemat tagihan listrik hingga 50% atau bahkan lebih. Jumlah penghematan bergantung pada ukuran sistem dan penggunaan listrik.

Menghasilkan Uang dari Surplus Listrik

Jika sistem panel surya menghasilkan lebih banyak listrik daripada yang dibutuhkan, maka surplus listrik tersebut bisa dijual ke PLN. Ini akan menghasilkan uang bagi pemilik sistem panel surya.

Ramah Lingkungan

Panel surya adalah sumber energi yang ramah lingkungan karena tidak memproduksi emisi karbon. Ini membantu mengurangi jejak karbon dan membantu menjaga lingkungan hidup yang lebih bersih.

by : yee atonergiPT. Reja Aton Energi (Atonergi)WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979

Instagram: @atonergi
Project: @atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 4 + 1 =