Biaya Instalasi Panel Surya per Meter Persegi di Indonesia

Biaya Instalasi Panel Surya per Meter Persegi di Indonesia

Biaya Instalasi Panel Surya per Meter Persegi di Indonesia
sumber: pixabay

Dengan meningkatnya biaya listrik dan keprihatinan tentang perubahan iklim, semakin banyak orang yang menggunakan panel surya. Namun, belum banyak orang yang mengetahui  biaya instalasi panel surya per meter persegi.

Salah satu opsi yang populer adalah instalasi panel surya, tetapi sebelum Anda memutuskan untuk memasang panel surya, Anda harus mempertimbangkan beberapa faktor penting, termasuk biaya instalasi.

Biaya Instalasi Panel Surya per Meter Persegi di Indonesia

Biaya instalasi panel surya per meter persegi di Indonesia bervariasi tergantung pada berbagai faktor, termasuk:

1. Lokasi

Beberapa daerah di Indonesia memiliki lebih banyak sinar matahari selama sepanjang tahun, yang membuat instalasi panel surya lebih efektif. Daerah-daerah ini umumnya memiliki biaya instalasi yang lebih murah. 

2. Jenis panel surya

Biaya instalasi panel surya per meter persegi bervariasi tergantung pada jenisnya. Panel surya monokristalin biasanya lebih mahal, tetapi lebih efisien dan tahan lama. Sementara panel surya polikristalin dan film tipis lebih murah, tetapi kurang efisien.

3. Ukuran sistem

Semakin besar sistem yang Anda pasang, semakin mahal biaya instalasinya. Namun, semakin besar sistem, semakin banyak listrik yang dapat dihasilkan, sehingga dapat menghasilkan penghematan yang lebih besar dalam jangka panjang.

4. Kualitas instalasi

Instalasi yang buruk dapat menyebabkan kerusakan pada panel surya dan mempengaruhi efisiensi sistem secara keseluruhan. Pastikan menggunakan jasa instalasi yang terpercaya untuk memastikan sistem Anda diinstal dengan benar.

Faktor Lain yang Harus Dipertimbangkan

Selain biaya instalasi, ada beberapa faktor lain yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk memasang panel surya:

1. Sinar matahari

Pastikan area di mana panel surya akan dipasang telah mendapatkan sinar matahari yang cukup sepanjang hari. Pemilihan lokasi yang tepat akan memaksimalkan efisiensi panel surya dan mengurangi biaya operasional.

2. Biaya operasional

Meskipun panel surya membutuhkan biaya instalasi yang sedikit tinggi di awal, biaya operasionalnya relatif lebih murah dibandingkan dengan menggunakan listrik dari PLN. 

3. Sistem penyimpanan energi

Panel surya hanya dapat menghasilkan listrik saat terkena sinar matahari. Jika ingin menggunakan listrik dari panel surya pada malam hari atau saat cuaca buruk, Anda memerlukan sistem penyimpanan energi seperti baterai.

4. Izin

Sebelum memasang panel surya, Anda juga perlu memperhatikan peraturan dan persyaratan izin yang diperlukan. Beberapa wilayah di Indonesia memiliki persyaratan khusus untuk instalasi panel surya.

Penutup

Memasang panel surya di Indonesia dapat menjadi alternatif yang ramah lingkungan dan hemat biaya. Sebelum memasang panel surya, pastikan untuk mengetahui biaya instalasi panel surya per meter persegi untuk kebutuhan Anda.

Dengan melakukan perhitungan yang tepat, Anda dapat menghemat biaya listrik dan memberikan kontribusi positif pada lingkungan. Hubungi Atonergi jika Anda tertarik untuk memasang sistem tenaga surya.

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979
Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Penulis: Tiger

Penyunting: Alpaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha + 52 = 62