Solar Home System

Berapa Banyak Solar Home System Yang Saya Butuhkan?

Beralih dari energi bumi ke energi surya dapat membantu Anda menurunkan biaya tagihan listrik bulanan sekaligus mengurangi jejak karbon (carbon footprint) Anda. Namun, sebelum Anda memutuskan untuk memasang solar home system, ada baiknya Anda mengetahui jumlah panel surya yang Anda butuhkan.

Jika Anda memiliki dana lebih, Anda bisa mempekerjakan seorang profesional untuk menilai jumlah panel surya yang ideal untuk rumah Anda. Namun, jika Anda memiliki dana terbatas, Anda dapat memperkirakan jumlah dan ukuran solar home system berdasarkan tagihan listrik, kebutuhan energi, dan ruang yang tersedia.

Sebelum kita masuk cara menghitung perkiraan jumlah panel surya, kami akan menjelaskan secara singkat faktor-faktor yang mempengaruhi jumlah panel surya kebutuhan Anda.

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Jumlah Solar Home System

1.    Ukuran Rumah dan Ketersediaan Ruang Atap

Rumah yang berukuran besar membutuhkan banyak energi listrik, dan biasanya rumah ini akan membutuhkan lebih banyak jumlah panel surya. Namun, jika rumah Anda memiliki peralatan elektronik yang hemat energi, mungkin konsumsi daya di rumah Anda jauh lebih sedikit daripada rumah dengan ukuran lebih kecil.

Dalam masalah pemasangan, panel surya bisa ditempatkan di di berbagai jenis permukaan. Namun, Anda harus menempatkan panel tersebut di antara peralatan elektronik seperti unit AC sehingga peralatan elektronik tersebut dapat menggunakan energi surya secara langsung.

2.    Jumlah Sinar Matahari Langsung di Area Anda

Beruntungnya Indonesia terletak di garis khatulistiwa yang memiliki ketersediaan sinar matahari yang banyak sehingga sangat ideal untuk menggunakan solar home system. Daerah rumah yang memiliki paparan sinar matahari yang banyak biasanya membutuhkan lebih sedikit panel surya daripada daerah rumah yang tertutup.

3.    Jumlah Penghuni dan Energi yang Digunakan

Sumber: Freepik.com / Alt Text: Solar Home System di Atap Rumah dan di Halaman Rumah

Rumah yang memiliki penghuni banyak mengkonsumsi listrik yang jauh lebih tinggi. Ini berarti, Anda akan membutuhkan lebih banyak panel surya untuk mendapatkan energi matahari yang stabil.

4.    Jenis Panel Surya dan Peringkat Efisiensi

Untuk hal yang satu ini, masih banyak orang yang tidak mengetahui bahwa panel surya memiliki tiga jenis yang berbeda. Tentunya, jenis ini akan mempengaruhi efektivitas kerja surya panel dan harganya.

Panel surya memiliki tiga tipe: monokristalin, polikristalin, dan film tipis. Untuk efektivitas kerjanya, jenis monokristalin jauh lebih efektif dan efisien, diikuti oleh polikristalin yang terbilang bekerja cukup baik, dan panel film tipis yang dinilai kurang efisien.

Selanjutnya, setelah mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi jumlah solar panel kebutuhan rumah atau kantor Anda, sekarang saatnya untuk menghitung perkiraan jumlah solar panel.

Perhitungan Untuk Sistem Off Grid/Stand Alone

1.    Buat Daftar Daya Listrik

Peralatan Rumah TanggaJumlahWaktu PemakaianDaya ListrikTotal Pemakaian Daya
Lampu1210 Jam15 Watt150 Watt
Setrika11 Jam300 Watt300 Watt
Televisi18 Jam75 Watt600 Watt
Pompa Air12 Jam125 Watt250 Watt
Rice Cooker14 Jam200 Watt800 Watt
Kulkas124 Jam90 Watt2.160 Watt
Jumlah Daya Dibutuhkan805 Watt4.260 Watt

Tabel Perhitungan Load Profile

Sebagai contoh, rumah Anda menggunakan daya listrik sebesar 4.260 watt untuk satu hari. Solar panel tidak dapat 100% digunakan, sehingga terdapat 40% jumlah energi listrik hilang. Jadi, Anda harus menambah daya energi yang hilang tersebut dari total daya yang akan digunakan.

Total daya energi     = Daya energi rumah: (100% – 40%)

                               = 4.260 Watt: 60%

                               = 7.100 Watt

2.    Jumlah Kebutuhan Panel Surya

Kemudian, hal yang penting untuk menentukan banyaknya home solar system adalah mengetahui Watt Peak (WP). Watt peak adalah nilai besaran nominal watt yang dihasilkan dari home solar system. Biasanya, proses photovoltaic memakan waktu 5 jam, sehingga cara menghitung jumlah solar home system sebagai berikut:

Solar home system = Total daya: Sun Peak Hour

                               = 7.100 Watt : 5 Jam

                               = 1.420 WP

Jadi, jika Anda ingin mendapatkan daya sejumlah 1.420 WP atau watt peak. Atonergi memiliki varian daya panel surya mulai dari 200 WP, 330 WP, 450 WP, dan 540 WP. Maka jika Anda akan menggunakan surya panel sebesar 450 WP, maka jumlah panel yang Anda butuhkan sebanyak:

1.420 watt peak: 330 watt peak = 4,3 pcs

Sehingga, jumlah yang Anda butuhkan adalah sebanyak 5 solar panel.

Sudahkah Anda Memutuskan Untuk Menggunakan Solar Home System?

Yuk mulai menggunakan solar home system sekarang juga. Saat ini, Atonergi memiliki banyak varian solar home system yang dapat memenuhi kebutuhan daya energi listrik rumah atau kantor Anda. Hubungi kami untuk konsultasi lebih lanjut.