Bagaimana Proses Pemasangan Panel Surya di Rumah? 

Bagaimana Proses Pemasangan Panel Surya di Rumah? 

Bagaimana Proses Pemasangan Panel Surya di Rumah? 
sumber: pixabay

Bagi mereka yang ingin menghemat biaya listrik, panel surya menjadi solusi yang tepat. Selain dapat membantu Anda mengurangi biaya listrik bulanan, menggunakan panel surya juga ramah lingkungan karena menghasilkan energi terbarukan. Namun, banyak orang masih bingung tentang bagaimana proses pemasangan panel surya.

Jangan khawatir, dalam artikel ini kami akan memberikan panduan lengkap tentang bagaimana cara pemasangan panel surya di rumah. Mulai dari persiapan hingga penyelesaian instalasi, kami akan menjelaskan langkah demi langkah. 

Pelajari cara menghemat biaya listrik Anda dan mendukung lingkungan dengan menggunakan panel surya di rumah Anda.

Persiapan

Sebelum memulai proses pemasangan panel surya di rumah, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipersiapkan:

1..Pilih panel surya yang tepat

Sebelum membeli panel surya, pastikan Anda telah memilih panel yang tepat untuk rumah Anda. Ukuran panel dan kapasitasnya harus sesuai dengan kebutuhan listrik rumah Anda. Anda juga perlu mempertimbangkan faktor lain seperti lokasi rumah dan kondisi cuaca.

2.Hitung kebutuhan listrik Anda

Sebelum memilih panel surya, Anda perlu mengetahui berapa kebutuhan listrik Anda. Dengan mengetahui kebutuhan listrik Anda, Anda dapat memilih panel surya yang sesuai dan menghitung berapa banyak panel yang perlu dipasang di atap rumah Anda.

3..Pilih instalator panel surya yang terpercaya

Pilih instalator panel surya yang terpercaya dan berpengalaman untuk pemasangan di rumah Anda dilakukan dengan benar dan aman. Pastikan juga bahwa instalator yang Anda pilih memiliki lisensi dan sertifikasi yang diperlukan.

4.Siapkan anggaran

Pemasangan panel surya di rumah membutuhkan biaya yang cukup besar. Oleh karena itu, pastikan Anda sudah mempersiapkan anggaran yang cukup untuk membeli panel surya dan biaya instalasi.

Proses Pemasangan

Setelah persiapan sudah dilakukan, Anda dapat memulai proses pemasangan panel surya di rumah Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1.Pemasangan rangka dan mounting

Pertama-tama, instalator akan memasang rangka dan mounting di atap rumah Anda. Rangka ini berguna untuk menopang panel surya dan mounting digunakan untuk mengikat panel surya pada rangka. Pastikan rangka dan mounting dipasang dengan kuat dan aman.

2.Pemasangan panel surya

Setelah rangka dan mounting sudah terpasang, instalator akan memasang panel surya pada rangka menggunakan mounting. Pastikan panel surya dipasang dengan benar dan sesuai dengan arah matahari yang tepat untuk memaksimalkan pengambilan energi matahari.

3.Pemasangan inverter

Setelah panel surya terpasang, instalator akan memasang inverter. Inverter digunakan untuk mengubah arus listrik yang dihasilkan oleh panel surya menjadi arus listrik yang dapat digunakan di rumah Anda. Pastikan inverter dipasang dengan benar dan sesuai dengan standar keselamatan.

4.Pemasangan kabel

Terakhir, instalator akan memasang kabel yang menghubungkan panel surya dengan inverter dan kabel yang menghubungkan inverter dengan kotak listrik di rumah Anda. Pastikan kabel dipasang dengan benar dan aman.

Penutup

Proses pemasangan panel surya sangat sederhana, Namun Jika anda membutuhkan jasa pasang solar panel terpercaya, Hubungi Atonergi untuk melakukan pemasangan yang sudah pasti terbaik.

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979
Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Penulis: Tiger

Penyunting: Alpaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 23 + = 27