Bagaimana Prosedur Pasang Panel Surya di Rumah?

Bagaimana Prosedur Pasang Panel Surya di Rumah?

Bagaimana Prosedur Pasang Panel Surya di Rumah?
sumber: pixabay

Bagaimana prosedur pasang panel surya di rumah? Apakah itu sulit? Banyak orang berpikir bahwa pemasangan panel surya adalah proses yang rumit dan mahal. Namun, dengan panduan yang tepat, proses ini dapat dilakukan dengan mudah. 

Dalam artikel ini, Anda akan menemukan panduan lengkap untuk pemasangan panel surya di rumah Anda. Dari persiapan awal hingga instalasi panel surya itu sendiri, kami akan membahas semuanya.

Persiapan Awal

Sebelum memulai proses pemasangan panel surya di rumah Anda, ada beberapa persiapan awal yang perlu Anda lakukan. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti:

1.Evaluasi kebutuhan energi rumah Anda

Anda harus mengevaluasi kebutuhan energi rumah Anda sebelum memilih panel surya yang tepat. Anda dapat memeriksa tagihan listrik Anda untuk melihat seberapa banyak energi yang Anda butuhkan setiap bulannya.

2.Pilih lokasi yang tepat untuk panel surya Anda

Panel surya harus dipasang di lokasi yang mendapatkan sinar matahari maksimal. Jadi, pastikan untuk memilih lokasi yang terbuka dan terkena sinar matahari sepanjang hari.

3.Ukur ukuran panel surya yang Anda butuhkan

Anda juga perlu mengukur ukuran panel surya yang Anda butuhkan. Ini akan bergantung pada kebutuhan energi Anda dan lokasi panel surya Anda.

4.Lakukan riset pasar untuk memilih panel surya yang tepat

Lakukan riset pasar untuk menemukan panel surya yang tepat untuk Anda. Anda dapat membandingkan merek, model, dan harga untuk menemukan yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Instalasi Panel Surya

Setelah Anda menyelesaikan persiapan awal, sekarang saatnya untuk memasang panel surya di rumah Anda. Berikut adalah prosedur yang harus Anda ikuti:

1.Pasang bingkai panel surya

Pasang bingkai panel surya di tempat yang Anda tentukan sebelumnya. Pastikan bingkai terpasang dengan kokoh dan tidak bergoyang.

2.Pasang modul panel surya

Setelah bingkai terpasang dengan kokoh, saatnya memasang modul panel surya. Pastikan modul panel surya terpasang dengan benar dan aman.

3.Pasang kabel dan inverter

Setelah panel surya terpasang, pasang kabel dan inverter untuk mengubah listrik DC menjadi AC. Pastikan kabel dan inverter terpasang dengan aman dan benar.

4.Uji sistem

Setelah semua peralatan terpasang, lakukan pengujian sistem untuk memastikan bahwa panel surya berfungsi dengan baik. Pastikan bahwa panel surya menghasilkan listrik yang diharapkan dan sistem berjalan tanpa masalah.

5.Terhubung dengan jaringan listrik

Setelah panel surya berfungsi dengan baik, Anda harus terhubung dengan jaringan listrik utama. Ini akan memungkinkan Anda menghemat energi dan bahkan dapat menghasilkan uang dengan menjual energi berlebih kembali ke jaringan listrik.

Penutup

Prosedur Pasang panel surya di rumah dapat menjadi investasi yang menguntungkan dan ramah lingkungan. Jika anda ingin memasang solar panel, Hubungi Jasa Pasang terpercaya seperti Atonergi dan dapatkan penawaran terbaiknya.

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979
Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Penulis: Tiger

Penyunting: Alpaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha × 6 = 30