Bagaimana Membersihkan Panel Surya di Rumah?

Bagaimana Membersihkan Panel Surya di Rumah?

Bagaimana Membersihkan Panel Surya di Rumah?
sumber: pixabay

Mempelajari bagaimana membersihkan panel surya di rumahmu adalah keterampilan yang berguna dan perlu dilakukan secara rutin. Panel surya yang terkena debu, kotoran, dan kotoran burung dapat menghalangi cahaya matahari masuk ke dalam sel surya dan mengurangi efisiensi pengumpulan energi. 

Selain itu, kebersihan panel surya juga dapat memperpanjang umur panel surya dan menjaga performa mereka agar tetap optimal.Namun, membersihkan panel surya juga harus dilakukan dengan hati-hati untuk mencegah kerusakan pada panel surya. 

Bagaimana Membersihkan Panel Surya di Rumah? Tips & Trik Efektif

Berikut adalah cara membersihkan solar panel:

1.Periksa petunjuk produsen

Sebelum membersihkan solar panel, pastikan untuk membaca petunjuk produsen. Petunjuk ini akan memberi tahu Anda cara membersihkan yang aman dan efektif. Beberapa produsen mungkin merekomendasikan penggunaan produk pembersih tertentu, sedangkan yang lain mungkin menyarankan untuk hanya membersihkannya dengan air dan kain lembut. Pastikan untuk mengikuti petunjuk dengan cermat.

2.Lakukan pembersihan secara teratur

Membersihkan panel surya secara teratur adalah kunci untuk menjaga efisiensi dan performa panel surya yang optimal. Pastikan untuk membersihkan panel surya setidaknya dua kali dalam setahun atau lebih sering jika daerahmu cenderung berdebu atau kotor. Lakukan pembersihan ketika cuaca cerah dan tenang untuk memastikan panel surya benar-benar kering dan tidak meninggalkan bercak air pada permukaan panel surya.

3.Matikan panel surya

Sebelum membersihkan solar panel, matikan panel surya untuk mencegah kejutan listrik. Pastikan bahwa panel surya benar-benar mati sebelum membersihkannya dengan air atau produk pembersih.

4.Bersihkan panel surya dengan air

Cara paling sederhana dan aman untuk membersihkan solar panel adalah dengan menggunakan air dan kain lembut. Basahi kain lembut dengan air dan peras hingga hampir kering, lalu usapkan dengan lembut ke permukaan panel surya. Hindari menggosok panel surya terlalu keras, karena ini dapat menyebabkan goresan pada permukaan panel surya. Pastikan untuk menghindari penggunaan air panas, karena ini dapat menyebabkan kerusakan pada panel surya.

5.Gunakan produk pembersih yang tepat

Jika panel surya sangat kotor atau memiliki noda yang sulit dihilangkan, Anda mungkin perlu menggunakan produk pembersih yang lebih kuat. Pastikan untuk memilih produk pembersih yang dirancang dengan baik.

6.Gunakan sikat lembut

Jika ada kotoran yang sangat menempel pada permukaan solar panel, gunakan sikat lembut atau spons yang dirancang khusus untuk membersihkan solar panel. Pastikan untuk tidak menggunakan sikat yang terlalu kasar atau berbahan keras karena dapat merusak permukaan panel surya.

7.Hindari penggunaan bahan kimia

Hindari penggunaan bahan kimia atau cairan pembersih lainnya yang tidak disarankan oleh produsen panel surya. Beberapa bahan kimia dapat merusak permukaan panel surya dan bahkan dapat mempengaruhi efisiensi panel surya secara negatif.

8.Hindari penggunaan alat pembersih tekanan tinggi

Penggunaan alat pembersih tekanan tinggi dapat merusak permukaan panel surya dan mempengaruhi efisiensi panel surya secara negatif. Hindari penggunaan alat pembersih tekanan tinggi dan gunakan hanya sikat lembut atau kain lembut yang dibasahi dengan air.

Penutup

Membersihkan panel surya di rumahmu adalah tugas yang penting untuk menjaga efisiensi dan performa panel surya yang optimal. Jika anda ingin memanggil jasa perawatan panel surya, Hubungi Teknisi Atonergi yang sudah terpercaya dan terbaik.

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979
Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Penulis: Tiger

Penyunting: Alpaca


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 74 − 67 =