Bagaimana Cara Kerja dan Fungsi Panel Surya?

Sumber: Canva

Bagi banyak orang, panel surya adalah solusi yang paling tepat dalam menghadapi masalah pemanasan global dan perubahan iklim yang semakin buruk. Namun, sebelum memutuskan untuk memasang panel surya di rumah atau gedung, penting untuk memahami bagaimana cara kerja dan fungsi panel surya secara lebih rinci.

Bagaimana Cara Kerja dan Fungsi Panel Surya?

Berikut ini akan dijelaskan cara kerja dan fungsi panel surya.

Konsep Dasar Panel Surya

Panel surya terdiri dari sel fotovoltaik, yang bekerja dengan menangkap sinar matahari dan mengubahnya menjadi listrik. Proses ini disebut efek fotovoltaik, yang ditemukan pada 1839 oleh Alexandre-Edmond Becquerel.

Jenis-jenis Panel Surya

Ada beberapa jenis panel surya yang berbeda-beda dalam hal efisiensi dan harga. Berikut adalah beberapa jenis panel surya yang paling umum:

1. Panel Surya Monokristalin

Panel surya monokristalin terbuat dari kristal silikon tunggal yang diiris tipis. Jenis panel surya ini adalah yang paling efisien, tetapi juga paling mahal.

2. Panel Surya Polikristalin

Panel surya polikristalin terbuat dari banyak kristal silikon yang diiris tipis. Jenis panel surya ini lebih murah daripada panel surya monokristalin, tetapi juga sedikit kurang efisien.

3. Panel Surya Film Tipis

Panel surya film tipis terbuat dari bahan-bahan seperti silikon amorfo, sel kadmium-tellurium, atau sel tembaga-indium-gallium-selenida. Jenis panel surya ini adalah yang paling murah, tetapi juga paling tidak efisien.

Bagaimana Cara Memasang Panel Surya?

Setelah memilih panel surya yang tepat, langkah selanjutnya adalah memasangnya di rumah atau gedung. Berikut adalah langkah-langkah umum dalam memasang panel surya:

  1. Pilih lokasi yang tepat: Pastikan panel surya ditempatkan di lokasi yang terkena sinar matahari sepanjang hari.
  2. Pasang penyangga: Gunakan penyangga untuk memasang panel surya di atap atau dinding.
  3. Hubungkan ke inverter:
  4. Hubungkan ke inverter: Setelah panel surya terpasang, hubungkan kabel panel surya ke inverter, yang akan mengubah listrik yang dihasilkan oleh panel surya menjadi listrik AC yang dapat digunakan di rumah atau gedung.
  5. Hubungkan ke sistem listrik: Setelah diubah menjadi listrik AC oleh inverter, listrik tersebut kemudian dihubungkan ke sistem listrik rumah atau gedung.
  6. Verifikasi dan uji: Pastikan semua koneksi dan pengaturan sudah benar dan lakukan uji coba sebelum penggunaan sehari-hari.

Penutup

Panel surya merupakan salah satu alternatif sumber energi bersih dan terbarukan yang semakin populer di masa kini. Dalam memilih panel surya yang tepat, penting untuk memahami cara kerja dan fungsi panel surya secara lebih rinci. Oleh karena itu, konsultasikan dengan Atonergi.

By: Yee Atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979

Instagram: @atonergi
Project: @atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 4 × = 20