Apakah ada Subsidi untuk Pemasangan Panel Surya?

Apakah ada Subsidi untuk Pemasangan Panel Surya?

Apakah ada Subsidi untuk Pemasangan Panel Surya?
sumber: pixabay

Subsidi adalah bantuan finansial yang diberikan oleh pemerintah atau institusi tertentu untuk membantu meringankan biaya suatu proyek atau program tertentu. Jadi, apakah ada subsidi panel surya untuk pemasangan solar panel? Mari kita temukan jawabannya di sini.

Subsidi untuk Pemasangan Solar Panel

Sekarang, kita akan membahas tentang subsidi untuk pemasangan solar panel. Subsidi dapat membantu meringankan biaya pemasangan solar panel ini dan membuatnya lebih terjangkau bagi masyarakat. 

Ada dua jenis subsidi yang tersedia untuk pemasangan solar pael, yaitu subsidi dari pemerintah dan subsidi dari lembaga non-pemerintah.

Program Subsidi Pemerintah untuk Pemasangan Panel Surya

Pemerintah Indonesia telah mengeluarkan program subsidi untuk pemasangan panel surya ini juga dalam rangka mendorong penggunaan energi terbarukan. 

Program tersebut dikeluarkan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan disebut dengan program PLTS Atap atau Program Pemanfaatan Energi Surya untuk Pembangkit Listrik Tenaga Surya Skala Kecil di Atap Bangunan.

Program PLTS Atap ditujukan untuk rumah tangga, pelaku usaha, dan industri kecil dan menengah yang ingin memasang panel surya di atap bangunannya. 

Dalam program ini, pemerintah memberikan bantuan finansial sebesar 30% dari total biaya pemasangan panel surya, dengan batas maksimal bantuan sebesar Rp 5 juta per rumah tangga dan Rp 500 juta per proyek untuk pelaku usaha dan industri.

Program Subsidi dari Lembaga Non-Pemerintah untuk Pemasangan Panel Surya

Selain subsidi dari pemerintah, ada juga subsidi yang diberikan oleh lembaga non-pemerintah. Beberapa lembaga non-pemerintah yang memberikan subsidi untuk pemasangan panel surya antara lain bank, lembaga swadaya masyarakat, dan perusahaan energi terbarukan.

Bank-bank tertentu memberikan kredit murah dengan bunga yang rendah atau bahkan bunga nol untuk membiayai pemasangan panel surya. Lembaga swadaya masyarakat juga memberikan subsidi dalam bentuk bantuan finansial atau pemberian panel surya secara gratis kepada masyarakat yang membutuhkan. 

Perusahaan energi terbarukan juga memberikan subsidi dalam bentuk penjualan solar panel dengan harga lebih murah atau pemberian panel surya secara gratis kepada masyarakat yang membutuhkan.

Kriteria untuk Mendapatkan Subsidi Pemasangan Panel Surya

Untuk mendapatkan subsidi pemasangan panel surya, terdapat beberapa kriteria yang harus dipenuhi. Kriteria tersebut antara lain:

1.Mempunyai rumah atau tempat usaha di wilayah yang ditetapkan oleh program subsidi

2.Memiliki rekening listrik yang aktif

3.Mengajukan permohonan subsidi dengan lengkap dan benar

4.Mengikuti prosedur dan ketentuan yang ditetapkan oleh program subsidi

5.Alternatif Pendanaan untuk Pemasangan Panel Surya

Jika Anda tidak memenuhi kriteria untuk mendapatkan subsidi pemasangan solar panel atau subsidi tersebut tidak tersedia di wilayah Anda, Anda masih bisa memasangnya dengan menggunakan alternatif pendanaan yang lain. Beberapa alternatif pendanaan untuk pemasangan panel surya antara lain:

1.Pinjaman Bank

Anda bisa mengajukan pinjaman dari bank untuk membiayai pemasangan panel surya. Beberapa bank memberikan kredit khusus untuk pembelian dan pemasangan panel surya dengan bunga yang relatif rendah.

2.Leasing

Leasing atau sewa menyewa juga bisa menjadi alternatif pendanaan untuk pemasangan panel surya. Dalam leasing, Anda menyewa panel surya dari perusahaan dan membayar uang sewa setiap bulannya. Setelah kontrak selesai, Anda bisa memutuskan untuk membeli panel surya tersebut dengan harga yang telah ditentukan.

3.Crowdfunding

Crowdfunding atau pengumpulan dana dari banyak orang bisa menjadi alternatif pendanaan untuk pemasangan panel surya. Anda bisa membuat kampanye di platform crowdfunding dan meminta bantuan dari orang-orang yang ingin mendukung proyek pemasangan panel surya Anda.

4.Tabungan Listrik

Beberapa perusahaan energi listrik juga menawarkan program tabungan listrik yang bisa digunakan untuk membiayai pemasangan panel surya. Dalam program ini, Anda membayar sejumlah uang setiap bulannya dan akan mendapatkan kredit listrik yang bisa digunakan untuk membeli dan memasang panel surya.

Penutup

Subsidi pemasangan ini bisa membantu meringankan biaya pemasangan dan membuatnya lebih terjangkau bagi masyarakat. Jika anda ingin berkonsultasi terlebih dahulu, Hubungi Atonergi untuk konsultasi Gratis mengenai subsidi panel surya.

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979
Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Penulis: Tiger

Penyunting: Alpaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha + 9 = 12