Apa Perbedaan Antara PLTS Atap dan PLTS Tenaga Surya?

Sumber: canva

PLTS semakin populer sebagai sumber energi yang ramah lingkungan dan hemat biaya. Namun, banyak orang masih bingung tentang perbedaan antara PLTS Atap tenaga surya dan PLTS Tenaga Surya. Meskipun keduanya menghasilkan listrik dari sinar matahari, ada beberapa perbedaan penting diantara keduanya

PLTS Atap Tenaga Surya: Bagaimana Mereka Bekerja?

PLTS Atap, juga dikenal sebagai panel surya atap, terpasang langsung di atas atap bangunan. Solar panel terdiri dari sel surya yang menangkap sinar matahari dan mengubahnya menjadi listrik yang dapat digunakan untuk memasok kebutuhan listrik di dalam bangunan. 

Kelebihan dan Kekurangan PLTS Atap Tenaga Surya:

Berikut ini adalah kelebihan dari penggunaan solar panel di atas:

Kelebihan:

  1. Efisien secara ruang: PLTS Atap terpasang di atas atap, jadi tidak memerlukan ruang tambahan di tanah atau di dinding bangunan.
  2. Estetika: PLTS Atap biasanya terlihat lebih menarik daripada panel surya yang dipasang di tanah atau di dinding bangunan.
  3. Mengurangi biaya listrik: Menghasilkan listrik sendiri berarti penggunaan listrik dari jaringan listrik utama menjadi lebih sedikit, mengurangi biaya listrik secara signifikan.

Kekurangan:

  1. Biaya awal yang tinggi: PLTS Atap lebih mahal daripada panel surya lainnya.
  2. Tergantung pada cuaca: PLTS Atap memerlukan sinar matahari yang cukup untuk menghasilkan listrik yang cukup. Di daerah yang kurang cerah, efisiensi panel dapat menurun.
  3. Perawatan yang membutuhkan biaya: Seperti jenis panel surya lainnya, PLTS Atap memerlukan perawatan teratur untuk memastikan efisiensi dan umur panjangnya.

PLTS Tenaga Surya: Bagaimana Mereka Bekerja?

PLTS Tenaga Surya, juga dikenal sebagai panel surya terestrial, dipasang di tanah atau di dinding bangunan. Panel surya menghasilkan listrik dari sinar matahari yang ditangkap dan mengubahnya menjadi listrik yang dapat digunakan untuk memasok kebutuhan listrik di dalam bangunan. 

Kelebihan dan Kekurangan PLTS Tenaga Surya:

Berikut ini adalah kelebihan dari penggunaan PLTS tenaga surya:

Kelebihan:

  1. Lebih efisien secara energi: PLTS Tenaga Surya memiliki efisiensi konversi energi yang lebih tinggi daripada PLTS Atap.
  2. Cocok untuk daerah yang kurang terkena sinar matahari: PLTS Tenaga Surya dapat dipasang di tempat yang memiliki sinar matahari yang kurang intens, seperti daerah yang berawan atau dengan cahaya rendah.
  3. Mudah dalam perawatan: PLTS Tenaga Surya memerlukan perawatan yang lebih sedikit daripada PLTS Atap.

Kekurangan:

  1. Memerlukan ruang yang lebih besar: PLTS Tenaga Surya membutuhkan lahan yang cukup besar untuk memasang panel surya.
  2. Biaya yang lebih tinggi: pembangkit listrik tenaga surya lebih mahal daripada solar panel atap.
  3. Estetika: pembangkit listrik tenaga surya mungkin kurang menarik secara estetika dibandingkan dengan solar panel Atap.

Penutup

Meskipun PLTS Atap Tenaga Surya dan PLTS Tenaga Surya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, keduanya sama-sama memberikan manfaat besar dalam menghasilkan energi yang ramah lingkungan dan mengurangi biaya listrik. Untuk rumah atau bisnis Anda, gunakan PLTS atap dengan jasa Atonergi.

by : yee atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979

Instagram: @atonergi
Project: @atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 3 × 3 =