Apa Itu PJU TS dan Bagaiamana Cara Suryanya

Apa Itu PJU TS dan Bagaiamana Cara Suryanya

Apa Itu PJU TS dan Bagaiamana Cara Suryanya
sumber: canva

Dalam dunia yang semakin mengutamakan keberlanjutan dan sumber energi terbarukan, tenaga surya telah menjadi pilihan yang layak untuk berbagai aplikasi. Salah satu aplikasi tersebut adalah penerangan jalan umum, yang dikenal sebagai Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU TS) dalam bahasa Indonesia.

Apa Itu PJU TS?

PJU TS adalah sistem penerangan jalan umum yang menggunakan energi surya sebagai sumber utamanya. Sistem ini dirancang untuk menggantikan penerangan jalan tradisional yang menggunakan listrik dari jaringan umum. 

Sistem ini menggunakan panel surya untuk mengumpulkan energi matahari dan mengubahnya menjadi energi listrik yang dapat digunakan untuk menerangi jalan-jalan pada malam hari.

Bagaimana Cara Kerjanya?

Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya bekerja dengan memanfaatkan energi surya yang dikumpulkan melalui panel surya. Berikut adalah penjelasan mengenai cara kerjanya:

1. Pengumpulan Energi Surya

Panel surya yang terpasang pada Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya mengumpulkan energi matahari selama siang hari. Panel surya ini terdiri dari sel-sel fotovoltaik yang dapat mengubah energi matahari menjadi energi listrik.

2. Konversi Energi

Energi surya yang dikumpulkan oleh panel surya diubah menjadi energi listrik menggunakan inverter. Inverter berfungsi untuk mengubah energi searah yang dihasilkan oleh panel surya menjadi energi bolak-balik yang dapat digunakan oleh sistem penerangan.

3. Penyimpanan Energi

Energi listrik yang dihasilkan oleh panel surya dan inverter dapat disimpan dalam baterai yang terintegrasi dengan sistemnya. Baterai ini berfungsi untuk menyimpan energi yang dihasilkan pada siang hari agar dapat digunakan saat malam hari atau dalam kondisi cuaca buruk.

4. Pengaturan Otomatis 

Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya dilengkapi dengan sistem pengatur otomatis yang memungkinkan lampu jalan untuk menyala secara otomatis saat cahaya matahari mulai redup atau saat malam hari tiba. Pengaturan ini biasanya menggunakan sensor cahaya atau timer yang terpasang pada sistem.

5. Penggunaan Energi

Ketika malam tiba atau cahaya matahari redup, PJU TS akan menggunakan energi listrik yang disimpan dalam baterai untuk menerangi lampu jalan. Lampu jalan yang digunakan dalam sistem ini biasanya menggunakan lampu LED yang hemat energi dan memiliki umur yang lebih panjang dibandingkan dengan lampu pijar konvensional.

Penutup

Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya adalah solusi yang inovatif dan berkelanjutan untuk penerangan jalan. Dengan memanfaatkan energi surya, PJU TS dapat memberikan penerangan yang handal, hemat energi, dan ramah lingkungan. 

Jika Anda berminat untuk menggunakan sistem energi ini demi keberlanjutan lingkungan dan kebutuhan Anda, Hubungi Atonergi sekarang juga dan dapatkan penawaran yang menarik.

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979
Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Penulis: Tiger

Penyunting: Alpaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 4 + 4 =