Apa Itu Panel Surya Thin Film? 

Apa Itu Panel Surya Thin Film?

Apa Itu Panel Surya Thin Film? 
sumber: pixabay

Panel surya menghasilkan listrik dari sinar matahari dan dapat membantu kita mengurangi ketergantungan pada sumber daya fosil. Salah satu teknologi terbaru yang semakin populer adalah panel surya thin film.

Apa Itu Panel Surya Thin Film?

Panel surya ini adalah jenis panel surya yang terbuat dari bahan-bahan yang lebih tipis daripada panel surya konvensional. Bahan-bahan tersebut biasanya terdiri dari lapisan tipis bahan semikonduktor seperti silikon, kadmium telluride, atau perovskite yang dipasang di atas substrat seperti kaca atau plastik. 

Panel surya ini biasanya lebih ringan dan fleksibel daripada panel surya konvensional dan dapat dipasang di berbagai permukaan yang berbeda.

Bagaimana Panel Surya Thin Film Bekerja?

Panel surya bekerja dengan cara yang serupa dengan panel surya konvensional. Ketika sinar matahari jatuh pada panel surya, bahan semikonduktor di dalam panel menghasilkan arus listrik yang dapat digunakan untuk menghasilkan listrik. 

Perbedaannya terletak pada ketebalan lapisan bahan semikonduktor dan substrat. Panel surya ini memiliki lapisan yang lebih tipis daripada panel surya konvensional, sehingga mereka dapat menghasilkan listrik dengan jumlah cahaya matahari yang lebih sedikit. 

Selain itu, karena panel surya tipis lebih fleksibel, mereka dapat dipasang di permukaan yang lebih beragam, termasuk permukaan yang tidak rata.

Keuntungan Menggunakan Solar Panel Thin Film

Ada beberapa keuntungan dalam menggunakan solar panel thin film, di antaranya adalah:

1.Ringan dan Fleksibel

Panel surya ini lebih ringan dan fleksibel daripada panel surya konvensional. Hal ini memudahkan dalam instalasi dan memungkinkan penggunaan panel surya pada permukaan yang berbeda.

2.Lebih Efisien pada Cuaca Buruk

Panel surya ini memiliki kemampuan yang lebih baik dalam menghasilkan listrik pada cuaca buruk atau saat sinar matahari tidak cukup terang. Karena ketebalan lapisan bahan semikonduktor yang lebih tipis, panel surya tipis dapat menghasilkan listrik dengan jumlah cahaya matahari yang lebih sedikit.

3.Tahan Lama

Panel surya ini memiliki umur yang lebih panjang daripada panel surya konvensional

4.Lebih Murah

Panel surya ini dapat diproduksi dengan biaya yang lebih rendah daripada panel surya konvensional. Hal ini karena bahan-bahan yang digunakan lebih murah dan proses produksinya lebih efisien.

5.Mudah untuk Dapatkan

Panel surya ini lebih mudah didapatkan dan dipasang daripada panel surya konvensional. Hal ini karena panel surya tipis dapat dihasilkan dalam jumlah yang lebih besar dan lebih cepat.

Penutup

Panel surya thin film adalah teknologi terbaru yang memungkinkan kita menghasilkan listrik hijau dengan cara yang lebih efisien dan fleksibel. Jika anda ingin memasang panel surya thin film, Hubungi Atonergi kami menyediakan jenis panel tersebut dan terbaik.

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979
Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Penulis: Tiger

Penyunting: Alpaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 3 × = 24