Apa itu Inverter Surya dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Sumber: Canva

Inverter surya adalah salah satu komponen penting dari sistem panel surya. Jika Anda mempertimbangkan untuk menggunakan energi matahari untuk menghasilkan listrik di rumah atau bisnis Anda, maka Anda perlu memahami apa itu inverter surya dan bagaimana cara kerjanya.

Apa itu Inverter Surya dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Inverter surya adalah perangkat elektronik yang mengubah arus searah (DC) yang dihasilkan oleh panel menjadi arus bolak-balik (AC), yang dapat digunakan oleh peralatan listrik di rumah atau bisnis Anda. Ini memungkinkan panel surya untuk menghasilkan daya listrik yang.

Bagaimana Cara Kerja Inverter Surya?

Inverter bekerja dengan menggunakan teknologi yang disebut “modul PWM” atau “modul MPPT” untuk mengubah arus DC menjadi AC. Teknologi ini memungkinkan inverter untuk memaksimalkan daya yang dihasilkan oleh panel dengan mengikuti titik daya maksimum atau “MPP” panel surya.

Ketika panel menerima sinar matahari, ia menghasilkan arus DC, kemudian inverter mengambil arus DC ini dan mengubahnya menjadi arus AC yang dapat digunakan oleh peralatan rumah tangga. 

Dengan menggunakan inverter, arus AC yang dihasilkan akan memiliki frekuensi dan tegangan yang tepat untuk digunakan oleh peralatan rumah tangga.

Inverter Terpusat vs Terdesentralisasi

Kedua inverter tersebut adalah dua jenis inverter yang tersedia di pasaran. Inverter terpusat biasanya digunakan pada sistem panel surya yang lebih besar dan terdiri dari beberapa panel. Inverter ini memiliki satu titik sentral di mana semua panel terhubung. 

Di sisi lain, inverter terdesentralisasi adalah inverter yang terpasang di setiap panel secara individual. Ini memungkinkan setiap panel surya untuk menghasilkan daya listrik yang lebih efisien secara individual, tetapi membutuhkan biaya instalasi yang lebih tinggi.

Bagaimana Memilih Inverter yang Tepat?

Ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan ketika memilih inverter yang tepat untuk kebutuhan energi Anda. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

  1. Ukuran – Pilih inverter yang cocok dengan ukuran sistem panel surya. 
  2. Tipe – Jika Anda membutuhkan daya listrik yang lebih efisien, maka inverter MPPT mungkin lebih cocok. Namun, jika Anda ingin menghemat biaya instalasi, maka inverter PWM dapat menjadi pilihan yang lebih baik.
  3. Efisiensi – Periksa efisiensi inverter sebelum membelinya. Semakin tinggi efisiensi inverter semakin sedikit energi yang hilang selama konversi dari DC ke AC.
  4. Harga – Tentukan anggaran yang tersedia untuk membeli inverter. Pastikan untuk membandingkan harga inverter dari beberapa merek sebelum memutuskan untuk membelinya.

Penutup

Inverter surya adalah komponen penting dari sistem panel surya. Dengan memahami teknologi inverter, Anda dapat memaksimalkan penggunaan energi matahari dan menghemat biaya listrik. Konsultasikan rencana dan pilihan inverter Anda pada Atonergi.

By: Yee Atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979

Instagram: @atonergi
Project: @atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 46 + = 49