Apa itu Energi Hidrogen dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Energi hidrogen adalah salah satu jenis energi yang semakin populer dalam beberapa tahun terakhir. Diklaim sebagai energi yang ramah lingkungan, energy hidrogen menjadi topik hangat yang banyak dibicarakan di kalangan para ilmuwan, insinyur, dan masyarakat umum.

Sumber: Canva

Apa itu Energi Hidrogen?

Energy hidrogen adalah energi yang dihasilkan dari reaksi kimia antara hidrogen dan oksigen. Reaksi ini menghasilkan listrik dan air sebagai produk sampingan. Energy hidrogen dihasilkan melalui proses elektrolisis, yaitu memisahkan molekul air (H2O) menjadi hidrogen (H2) dan oksigen (O2) dengan bantuan listrik.

Bagaimana Cara Kerja Energi Hidrogen?

Energy hidrogen bekerja dengan menghasilkan listrik melalui reaksi kimia antara hidrogen dan oksigen. Reaksi ini terjadi dalam sebuah alat yang disebut dengan sel bahan bakar hidrogen.

Sel bahan bakar hidrogen terdiri dari anoda, katoda, dan elektrolit. Hidrogen diarahkan ke anoda, sementara oksigen dialirkan ke katoda. Elektrolit berfungsi sebagai penghubung antara anoda dan katoda, dan memungkinkan ion hidrogen (H+) bergerak dari anoda ke katoda melalui elektrolit.

Reaksi kimia antara hidrogen dan oksigen menghasilkan listrik dan air sebagai produk sampingan. Listrik ini kemudian digunakan untuk menggerakkan motor dan menghasilkan daya.

Manfaat Energi Hidrogen

Energy hidrogen memiliki beberapa manfaat yang membuatnya semakin populer dan menarik perhatian dunia. Berikut adalah beberapa manfaat energy hidrogen yang perlu diketahui:

1. Ramah Lingkungan

Energy hidrogen dianggap sebagai salah satu jenis energi yang ramah lingkungan. Hal ini karena reaksi kimia antara hidrogen dan oksigen hanya menghasilkan air sebagai produk sampingan, sehingga tidak menghasilkan emisi gas rumah kaca atau polusi udara.

2. Sumber Energi yang Tak Terbatas

Hidrogen adalah unsur yang melimpah di alam semesta, sehingga energy hidrogen dapat dihasilkan secara terus menerus dan tak terbatas.

3. Efisiensi Tinggi

Energy hidrogen memiliki efisiensi yang tinggi dalam menghasilkan listrik. Efisiensi ini lebih tinggi dibandingkan dengan mesin pembakaran internal yang menggunakan bahan bakar fosil.

Bagaimana Energi Hidrogen Digunakan di Berbagai Sektor?

Energy hidrogen dapat digunakan di berbagai sektor, antara lain:

1. Transportasi

Energy hidrogen dapat digunakan sebagai sumber energy alternatif dalam transportasi, terutama pada kendaraan bertenaga sel bahan bakar hidrogen. Kendaraan ini menggunakan sel bahan bakar hidrogen untuk menghasilkan listrik yang digunakan untuk menggerakkan motor.

Selain itu, energy hidrogen juga dapat digunakan sebagai sumber energy untuk pesawat terbang dan kapal laut.

2. Pembangkit Listrik

Energy hidrogen juga dapat digunakan sebagai sumber energy alternatif dalam pembangkit listrik. Pembangkit listrik ini menggunakan sel bahan bakar hidrogen untuk menghasilkan listrik.

Penutup

Temukan potensi penggunaan energi hidrogen sebagai sumber energy alternatif yang ramah lingkungan di berbagai sektor, dari transportasi hingga pembangkit listrik. Pelajari lebih lanjut sekarang!

By: Bee Atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979
Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha × 9 = 81