Apa Itu Energi Air dan Bagaimana Mewujudkan SDGS?

Apa Itu Energi Air dan Bagaimana Mewujudkan SDGS?

Apa Itu Energi Air dan Bagaimana Mewujudkan SDGS?
sumber: pixabay

Energi hidro adalah salah satu sumber energi yang berpotensi untuk memasok listrik bagi rumah dan bisnis, sambil mengurangi emisi gas rumah kaca. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan apa itu Energi Hidro, manfaatnya, dan bagaimana ia dapat berkontribusi untuk mencapai SDGS di Indonesia.

Apa Itu Energi Air?

Energi hidro adalah listrik yang dihasilkan dari air yang mengalir melalui turbin. Proses ini dapat dimanfaatkan dari sungai, bendungan, atau arus pasang surut laut. Hidro adalah sumber energi terbarukan yang tidak mengeluarkan polutan atau gas rumah kaca berbahaya, sehingga menjadi alternatif yang ramah lingkungan untuk bahan bakar fosil.

Bagaimana Energi Air Bekerja?

Dengan memanfaatkan energi kinetik dari air yang mengalir, dan mengubahnya menjadi energi mekanik melalui turbin. Kemudian, energi mekanik ini akan dikonversi menjadi listrik melalui generator. Sebagai sumber energi terbarukan, Energi hidro juga dapat diandalkan dan berkelanjutan selama air yang digunakan tetap terjaga kualitas dan jumlahnya.

Keuntungan Energi Hidro

Berikut adalah beberapa keuntungannya:

1.Ramah lingkungan

tidak mengeluarkan polutan atau gas rumah kaca berbahaya, sehingga berpotensi untuk mengurangi emisi gas rumah kaca yang dapat menyebabkan perubahan iklim.

2.Sumber energi terbarukan

Energi hidro didapatkan dari air yang selalu terdapat di lingkungan, sehingga tidak akan habis seperti sumber energi fosil yang semakin menipis.

3.Biaya yang lebih rendah 

Meskipun biaya awal pembangunan infrastruktur Energi ini cukup tinggi, namun biaya operasi dan pemeliharaannya cenderung lebih rendah dibandingkan dengan sumber energi konvensional.

4.Ketersediaan yang dapat diandalkan

Energi ini dapat dihasilkan sepanjang waktu selama air yang digunakan tetap terjaga kualitas dan jumlahnya.

5.Mewujudkan SDGS dengan Energi Air

Salah satu tujuan SDGS adalah memastikan akses yang terjangkau, andal, berkelanjutan, dan modern terhadap energi bagi seluruh masyarakat. Energi Air dapat memainkan peran penting dalam mencapai tujuan ini, terutama di Indonesia yang memiliki sumber daya air yang melimpah. Berikut adalah beberapa cara bagaimana Energi Air dapat membantu mencapai tujuan SDGS di Indonesia:

6.Memasok listrik bagi desa-desa terpencil

Dalam beberapa kasus, desa-desa terpencil di Indonesia masih belum memiliki akses yang memadai terhadap listrik. Energi hidro ini dapat menjadi alternatif yang cocok untuk memasok listrik ke desa-desa ini, terutama jika desa tersebut berada di dekat sungai atau bendungan.

7.Menyediakan listrik yang bersih dan terjangkau

Dapat menjadi sumber listrik yang bersih dan terjangkau, terutama jika dibandingkan dengan sumber listrik konvensional yang menggunakan bahan bakar fosil.

8.Meningkatkan pembangunan infrastruktur

Untuk membangun pembangkit listrik Energi Hidro, diperlukan pembangunan infrastruktur yang memadai. Hal ini dapat meningkatkan pembangunan infrastruktur di daerah-daerah terpencil di Indonesia.

9.Mengurangi emisi gas rumah kaca

Energi ini juga dapat membantu mengurangi emisi gas rumah kaca yang disebabkan oleh pembangkit listrik berbahan bakar fosil. Hal ini dapat membantu Indonesia mencapai target pengurangan emisi gas rumah kaca yang ditetapkan dalam komitmen nasionalnya.

Penutup

Energi Air adalah sumber energi terbarukan yang sangat berpotensi untuk membantu mencapai tujuan SDGS di Indonesia. Meskipun terdapat tantangan dalam pengembangan Energi hidro di Indonesia, keuntungan penggunaannya yang bersifat terbarukan dan ramah lingkungan dapat menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan energi yang berkelanjutan.

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979
Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Penulis: Tiger

Penyunting: Alpaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 8 × = 32