Apa itu Baterai Lithium-ion?

Apa itu Baterai Lithium-ion?

Apa itu Baterai Lithium-ion?
sumber: canva

Di dunia saat ini, teknologi telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari kita. Mulai dari smartphone hingga laptop hingga kendaraan listrik, semuanya membutuhkan baterai untuk menjalankan fungsinya. Salah satu jenis baterai yang paling umum digunakan adalah baterai lithium-ion. 

Apa itu baterai lithium-ion? Dalam artikel ini, kami akan membahas secara detail tentang baterai ini, bagaimana cara kerjanya, dan mengapa penting untuk memahaminya.

Apa itu Baterai Lithium-ion?

Baterai ini  adalah jenis baterai isi ulang yang terdiri dari sel-sel elektrokimia yang menggunakan lithium sebagai katoda dan anoda.Jenis baterai ini sangat populer karena mereka ringan, memiliki kapasitas tinggi, dan memungkinkan pengisian ulang cepat. 

Mereka juga memiliki masa pakai yang lebih lama daripada baterai lainnya, yang membuat mereka menjadi pilihan yang ideal untuk banyak aplikasi teknologi.

Bagaimana Baterai Lithium-Ion Bekerja?

Baterai ini terdiri dari beberapa sel baterai yang saling terhubung dan ditempatkan di dalam sebuah wadah. Setiap sel baterai memiliki dua elektroda yang disebut sebagai anoda dan katoda, serta sebuah elektrolit yang memisahkan kedua elektroda tersebut.

Ketika baterai diisi ulang, elektrolit mengalir dari katoda ke anoda melalui separator. Pada saat yang sama, elektron di anoda dilepaskan dan mengalir melalui kabel menuju ke perangkat elektronik yang digunakan. Setelah digunakan, elektron tersebut kembali ke baterai melalui katoda dan elektrolit kembali ke katoda. 

Proses tersebut dapat terjadi berkali-kali saat baterai digunakan dan diisi ulang.

Kelebihan Baterai Lithium-Ion

Baterai ini memiliki beberapa kelebihan jika digunakan dibandingkan dengan jenis baterai lain, diantaranya:

  • Kapasitas daya yang besar
  • Ukuran yang relatif kecil dan ringan
  • Tidak memiliki efek memori
  • Umur pakai yang lebih lama
  • Lebih ramah lingkungan
  • Tidak mengandung logam berat berbahaya seperti timbal dan merkuri
  • Tidak mudah terbakar dan meledak
  • Baterai ini dapat diisi ulang berkali-kali

Penutup

Dalam dunia teknologi saat ini, baterai lithium-ion telah menjadi pilihan yang paling umum digunakan karena keunggulannya. Namun, kita juga harus memperhatikan cara mengolah baterai lithium-ion yang benar untuk menjaga masa pakai baterai dan menghindari bahaya.

Anda dapat menghubungi Atonergi jika berminat menggunakan baterai Lithium untuk sistem PLTS ataupun ingin bertanya lebih lanjut tekait baterai ini dan dapatkan kualitas baterai Lithium yang terbaik.

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979
Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Penulis: Tiger

Penyunting: Alpaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 57 − 48 =