smart home

Transformasi Rumah Anda: Panduan Lengkap Membangun Smart Home

Kemajuan zaman membuat semuanya serba mudah karena teknologi yang semakin canggih. Smart home atau rumah pintar merupakan salah satu kecanggihan dari perkembangan teknologi yang dapat mengontrol dan mengelola berbagai perangkat yang terdapat di rumah dari jarak jauh hanya melalui jaringan internet. 

Perkembangan Teknologi Smart Home

Konsep smart home sendiri sudah berkembang dari tahun 1960-an, dimana penciptanya, Jim Sutherland, berhasil menciptakan ECHO IV (Electronic Computing Home Operator) yang berfungsi sebagai perangkat yang dapat mengelola persediaan makanan, mengontrol suhu dalam rumah, dan mengatur alarm. Walaupun penemuan ini merupakan terobosan baru dalam dunia teknologi, tetapi penggunaan teknologi ini masih sangat terbatas karena rumit dan tingginya biaya penggunaan. 

Baru seiring dengan ditemukannya teknologi nirkabel seperti Wi-Fi dan Bluetooth di awal tahun 2000-an, perangkat-perangkat yang biasa digunakan untuk smart home mulai laku di pasaran. Hal ini karena perkembangan teknologi membantu konsep smart home menjadi lebih mudah untuk digunakan dengan biaya yang lebih terjangkau. 

Apa itu Smart Home?

Seperti namanya, pengertian smart home atau rumah pintar adalah merupakan tempat tinggal berbasis teknologi sehingga semua peralatan rumah dapat diatur dan terpusat pada satu tempat sehingga dapat dikendalikan jarak jauh maupun dekat. Smart home dilengkapi dengan sistem pengelolaan rumah dengan teknologi yang canggih sehingga berbagai peralatan listrik hingga elektronik dapat dikontrol dengan bantuan internet. Smart home system inilah yang akan memberikan kemudahan dan kenyaman bagi penggunanya. 

Tujuan Smart Home 

Smart home pada umumnya mempermudah kehidupan penghuni rumah melalui teknologi. Hanya dengan menggunakan jaringan internet, penghuninya dapat membuat rumah huniannya nyaman dan sesuai dengan kebutuhannya. Selain itu, beberapa tujuan lain dari rumah pintar ini antara lain

1. Efisiensi Waktu 

Jadwal yang padat seringkali menghambat penghuninya untuk melakukan hal-hal dasar untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan rumah. Dengan menggunakan konsep rumah pintar, penghuninya dapat tetap bisa menyelesaikan pekerjaan rumah tangga sembari menggunakan waktunya untuk kegiatan yang lebih penting. 

2. Peningkatan keamanan

Rumah yang terpasang sistem keamanan yang canggih seperti kamera pengawas, sensor pintu, dan alarm yang dapat dikontrol ataupun dipantau dari jarak jauh melalui jaringan internet memungkinkan penghuninya untuk mengontrol kondisi rumah dimanapun mereka berada sembari memberikan perlindungan yang lebih baik kepada penghuninya. 

3. Mewujudkan rumah yang nyaman 

Konsep rumah pintar ini memyungkinkan penghuninya untuk melakukan penyesuaian berbagai aspek rumah yang nyaman, sehat, dan sesuai dengan preferensinya melalui kontrol suhu, kualitas udara, dan pencahayaan. 

Fitur dalam Smart Home

Terdapat berbagai fitur yang biasa digunakan dalam konsep rumah pintar ini. Beberapa fitur tersebut adalah:

1. Kontrol pencahayaan

dimana lampu dapat dinyalakan, dimatikan, diatur tingkat kecerahannya secara otomatis atau melalui aplikasi.

2. Sistem keamanan

dimana rumah dapat dipasang kamera keamanan, sensor pintu, alarm, dan notifikasi secara real-time

3. Termostat

dimana suhu ruangan di rumah diatur secara otomatis berdasarkan preferensi pemilik rumah dan kondisi cuaca.

4. Perangkat Rumah Tangga

dimana perangkat yang terdapat di dalam rumah seperti kulkas, oven, televisi, microwave, dan mesin cuci dapat dikontrol dari jarak jauh menggunakan jaringan internet. 

5. Asisten digital

dimana perangkat lunak seperti Google Assistant, Apple Siri, dan Amazon Alexa dapat digunakan untuk mendapatkan informasi ataupun mengontrol perangkat rumah hanya melalui suara. 

Cara Membuat Smart Home

Bagaimana cara buat smart home? Cukup dengan mengubah beberapa hal hingga peralatan rumah menjadi technology friendly, Anda sudah bisa mengubah rumah biasa menjadi smart home. Hal pertama yang bisa dilakukan adalah mengganti sarana penghubung perangkat elektronik canggih, dalam hal ini merupakan saklar. Kemudian langkah berikutnya adalah memasang internet sehingga dapat mengatur semua peralatan elektronik lebih mudah dan efisien. Jika kedua hal tersebut telah dimiliki, maka pengaplikasian smart home akan lebih cepat terealisasikan.

Daripada mengontrol peralatan, termostat, pencahayaan, dan fitur lainnya menggunakan perangkat yang berbeda, pemilik rumah dengan smart home system dapat mengontrol semuanya menggunakan satu perangkat yang biasanya menggunakan smartphone atau tablet. Karena smart home system terhubung ke perangkat portabel, pengguna bisa mendapatkan pemberitahuan dan pembaruan tentang masalah di rumah mereka.

Misalnya, smart doorbeels memungkinkan pemilik rumah untuk melihat dan berkomunikasi dengan orang-orang yang datang ke rumah mereka bahkan ketika mereka tidak di rumah. Dengan smart home system, pemilik rumah dapat mengatur dan mengontrol suhu internal, pencahayaan, dan juga peralatan lainnya.

Kelebihan Smart Home: Memudahkan hidup sekaligus menghemat energi

Dengan teknologi otomatisasi yang ada pada rumah pintar, kita bisa lebih menghemat energi lebih banyak. Bagaimana hal ini bisa terjadi? 

1. Penghematan Listrik Melalui Kontrol Cahaya

Lampu yang terpasang di rumah dapat diatur untuk dapat menyala dan mati berdasarkan sensor gerak manusia. Penghuni juga dapat mengatur jadwal nyala dan matinya lampu pada waktu tertentu. Hal tersebut tentunya mencegah penghuni rumah untuk boros listrik dengan menyalakan lampu terus-terusan

2. Adanya Fitur Hemat Energi

fitur dalam rumah pintar seringkali punya mode hemat energi yang dapat digunakan penghuni untuk mengurangi konsumsi listrik rumahnya. Terdapat juga fitur yang memungkinkan penggunanya dapat mengidentifikasi penggunaan energi sehingga penghuninya dapat mengurangi penggunaan perangkat rumah yang boros energi.

3. Integrasi Perangkat Smart Home yang Memudahkan untuk Menghemat Energi

Selain fitur hemat energi, perangkat dalam rumah pintar yang saling terintegrasi juga akan sangat membantu penghuninya mengurangi konsumsi energi. Hal ini karena perangkat-perangkat tersebut dapat berkomunikasi satu sama lain untuk mengoptimalkan penggunaan energi agar dapat digunakan sewajarnya. 

Smart Home dan PLTS Atap: Kombinasi Efisiensi Energi

Konsep smart home yang menawarkan kemudahan hidup dan juga efisiensi energi merupakan konsep yang cocok digunakan di era sekarang, dimana pemanasan global dan tingginya emisi karbon yang dihasilkan oleh aktivitas manusia menjadi ancaman serius. Untuk dapat memaksimalkan efisiensi energi, pemasangan PLTS Atap bisa dilakukan. 
PLTS Atap yang memanfaatkan energi matahari sebagai sumber energi yang bersih dan terbarukan tentunya dapat membantu mengurangi emisi karbon. Selain itu, PLTS Atap juga membantu mewujudkan efisiensi energi karena energi yang dihasilkan dapat langsung digunakan tanpa transmisi ataupun distribusi energi seperti pada PLTU. Dengan demikian, kombinasi penggunaan smart home dan PLTS Atap menjadi pilihan yang tepat untuk keberlanjutan lingkungan. 
Selain berkontribusi dalam keberlanjutan lingkungan, pilihan untuk mengkombinasikan penggunaan smart home dan PLTS Atap juga dapat mengurangi biaya tagihan listrik. Oleh karena itu, kombinasi penggunaan teknologi smart home semakin meningkatkan efisiensi penggunaan energi dan biaya listrik yang dihasilkan oleh PLTS Atap. Hal ini menjadikan kombinasi penggunaan teknologi smart home dan PLTS Atap sebagai pilihan yang cerdas untuk masa depan yang lebih hijau, murah, dan hemat energi.

Baca Juga : 5 Keuntungan PLTS Atap untuk Rumah dan Home Industri

ATONERGI : SOLUSI PENYEDIA ENERGI TERBARUKAN

Sebagai perusahaan yang mendukung penghematan energi, maka Kami menawarkan solusi kepada anda yang memiliki tagihan listrik sampai jutaan rupiah terkait penggunaan pembangkit listrik tenaga surya. Ada banyak Paket PLTS untuk Rumah yang dapat anda pilih sesuai dengan kebutuhan.

Semoga informasi di atas bisa membantu ya! Sobat Aton, jangan lupa cek artikel menarik lainnya seputar plts, pats dan energi terbarukan di Blog Atonergi.

Sobat Aton, apabila anda tertarik untuk memasang PLTS Atap yang Terpercaya bisa hubungi tim Atonergi disini ya, Gratis konsultasi kok! Dapatkan Diskon hingga 50% dan Gratis Pemasangan dengan klik banner di bawah ini!!!

Banner Paket Panel Surya untuk Rumah