PLTS Atap

5 Kelebihan Pemasangan PLTS Atap

Baru-baru ini Kementerian ESDM mendorong beberapa badan usaha serta masyarakat untuk mulai memasang PLTS Atap. PLTS Rooftop On Grid merupakan suatu sistem pembangkit listrik menggunakan tenaga matahari yang paralel dengan jaringan PLN. Tujuan dari pemasangan PLTS Atap adalah untuk melakukan penghematan listrik PLN.

Listrik merupakan salah satu kebutuhan primer/ mendasar bagi manusia. Seiring dengan perkembangan teknologi, banyak peralatan rumah tangga yang membutuhkan energi listrik. Tanpa listrik, beberapa aktivitas pun tidak dapat terlaksana sebagaimana mestinya. Akan tetapi, meningkatkan kebutuhan akan listrik juga dapat berdampak buruk.

Oleh karena itulah, beberapa orang mulai melirik sumber energi alternatif. Salah satunya adalah pemasangan PLTS Atap.

Sekilas Tentang PLTS Atap

Sesuai dengan namanya, PLTS Atap adalah panel surya yang umumnya diletakkan di atas atap sebuah bangunan. Atap merupakan lokasi yang strategis untuk mendapatkan sinar matahari.

Penggunaan PLTS Atap masih terbilang baru bagi masyarakat. Solusi ini pada dasarnya direkomendasikan untuk pelanggan PLN yang memiliki beban konsumsi listrik cukup besar terutama di siang hari. Seperti pabrik, shopping mall, perkantoran, bandara, hotel dan rumah dengan penggunaan listrik yang besar.

Prinsip kerja PLTS Atap

Pada dasarnya Pembangkit Listrik Tenaga Surya menggunakan dua prinsip kerja, yaitu dengan fotovoltaik dan pemusatan energi surya.

Dengan Fotovoltaik

Prinsip kerja yang pertama menggunakan fotovoltaik, artinya mengubah energi surya menjadi listrik secara langsung dengan efek fotolistrik.

Dengan Pemusatan Energi Surya

Prinsip kerja yang kedua yaitu memusatkan energi surya itu sendiri, menggunakan sistem lensa dikombinasikan dengan suatu sistem pelacak. Dengan demikian, energi surya akan terfokus pada satu titik yang dapat menjadi penggerak mesin kalor.

Kelebihan Memasang PLTS Atap

Berikut kelebihan memasang PLTS Atap, antara lain:

1.    Ramah Lingkungan

Pemanfaatan panel surya memang sangatlah aman dan ramah lingkungan. Sebab, panel surya tidak akan menghasilkan karbon dioksida sebagai penyebab efek rumah kaca.

Selain itu, PLTS Atap juga tidak menimbulkan polusi suara atau udara. Karena cara kerja hanya menggunakan paparan matahari saja.

2.    Menghemat Biaya Pemakaian Listrik PLN

Kelebihan kedua menggunakan PLTS Atap adalah menghemat tagihan listrik PLN. Jadi, Anda dapat menggunakan panel surya pada siang hari, kemudian malam harinya memanfaatkan listrik PLN. Dengan cara ini, Anda pun dapat menghemat tagihan listrik.

3.    Dapat Memonitor Penggunaan Listrik

Berbeda dengan PLN, jika Anda menggunakan PLTS maka semua daya dan produksi listrik yang digunakan dapat Anda monitor dengan mudah.

4.    Tahan Lama

Penggunaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya dapat bertahan hingga 20 tahun lamanya. Bahkan, tidak membutuhkan perawatan secara rutin, cukup sesekali melakukan pembersihan panel saja.

Anda pun dapat melakukan perawatan sendiri tanpa perlu bantuan teknisi. Tentu saja, ini mengurangi biaya dalam perawatan, bukan?

5.    Proses Pemasangan Yang Mudah

Kelebihan dari PLTS Atap selanjutnya adalah proses pemasangan yang terbilang mudah. Selain itu, biaya pemasangan juga bersahabat.

Atonergi, Solusi Penyedia Energi Terbarukan

Sebagai perusahaan yang mendukung penghematan energi, maka Kami menawarkan solusi kepada Anda terkait penggunaan pembangkit listrik tenaga surya. Ada banyak panel surya yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan.

Anda bisa konsultasi dengan teknisi kami yang berpengalaman dan mendapatkan penawaran harga terbaik. Untuk harga PLTS Atap yang kami tawarkan pun cukup terjangkau. Jadi, jangan ragu untuk menghubungi Kami di sini. Itulah informasi terkait kelebihan penggunaan PLTS Atap yang dapat menjadi bahan pertimbangan sebelum beralih. Semoga bermanfaat.