Jenis Panel Surya

3 Jenis Panel Surya, Mana Yang Terbaik?

Panel surya adalah sekumpulan sel surya sehingga efektif untuk menyerap energi dari sinar matahari. Sedangkan sel surya merupakan komponen photovoltaik yang mengubah cahaya menjadi listrik. Setidaknya terdapat tiga jenis panel surya yang tersedia di pasaran.

Jenis Panel Surya

Panel surya ini mempunyai tiga jenis variasi yang berbeda dari cara pembuatan, penampilan, kinerja, proses pemasangan hingga biayanya. Masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Berikut tiga jenis utama panel surya yang perlu Anda ketahui, yaitu:

1. Panel Surya Monocrystalline

Panel surya monocrystalline dinamakan demikian karena menggunakan bahan silikon yang paling murni. Hal ini menghasilkan panel surya monocrystalline memiliki tingkat efisiensi tertinggi dalam mengonversi energi matahari menjadi listrik. Panel surya ini biasanya mampu mengubah lebih dari 20% sinar matahari menjadi listrik, bahkan panel paling efisien saat ini telah melebihi efisiensi 22%.

Penampilan dari panel surya monocrystalline berwarna hitam yang pekat, sehingga mudah dikenali. Bagian belakangnya umumnya berwarna hitam, putih, atau perak, sementara bingkainya biasanya berwarna perak atau hitam.

Panel surya monocrystalline menjadi pilihan yang sangat baik ketika ruang atap terbatas, karena panel-panel ini mampu menghasilkan lebih banyak listrik per panel. Panel surya monocrystalline ditandai oleh sel fotovoltaik hitamnya, dan banyak pemilik rumah lebih menyukai penampilan ini daripada panel surya polycrystalline yang berwarna biru muda.

Kelemahan utama dari panel ini adalah biayanya yang tinggi, namun sebagai gantinya, panel ini memberikan lebih banyak listrik per panel yang dibeli.

Kelebihan Panel Surya Monocrystalline

Terdapat beberapa kelebihan panel surya monocrystalline, seperti:

  • Dari segi efisiensi, panel surya tipe mono memiliki tingkat konversi tertinggi disekitar 20% bahkan lebih. 
  • Tidak memakan banyak ruang
  • Memiliki ketahanan umur yang paling lama, hingga 25 tahun pemakaian
  • Performa lebih baik sehingga cocok untuk daerah dengan curah hujan tinggi atau sering mendung, meski ada pengurangan efisiensi.

Kekurangan Solar Cell Monocrystalline

Walaupun memiliki banyak kelebihan, solar cell monocrystalline tak luput dari kekurangan, seperti:

  • Biaya lebih tinggi: Proses produksi yang rumit membuat panel surya monokristalin lebih mahal.
  • Rentan terhadap bayangan: Ketika ada bayangan pada salah satu sel surya, kinerja panel secara keseluruhan bisa terpengaruh.

2. Panel Surya Polycrystalline

Berbeda dengan panel surya mono, panel surya polycrystalline kerap disebut multi kristal silikon. Teknologi pada panel surya ini terbuat dari pencairan batang silikon. 

Tampilan solar panel poly lebih unik, karena memiliki susunan yang lebih rapi dan rapat. Selain itu, panel surya ini juga berwarna biru cerah karena cahaya memantulkan fragmen silikon dengan cara yang berbeda. Daripada panel mono, Panel surya polikristalin kurang efisien dibandingkan dengan panel silikon monokristalin, biasanya di 13% – 16%.

Ketika ruang bukanlah pembatasan, Anda dapat dengan mudah menginstal beberapa panel polikristalin tambahan untuk mengompensasi efisiensinya yang lebih rendah. Efisiensi yang lebih rendah tidak berarti kualitas yang lebih rendah ketika membandingkan panel surya.

Kelebihan Panel Surya Polycrystalline

Berikut beberapa kelebihan dari panel surya poly yang perlu Anda ketahui, antara lain:

  • Harganya lebih murah daripada panel surya monocrystalline
  • Jumlah silikon lebih sedikit ketimbang panel surya mono
  • Tampilan yang biru cerah menambah nilai estetik panel surya ini

Kekurangan Panel Surya Polycrystalline

Berikut beberapa kekurangan dari panel surya poly yang perlu Anda ketahui, antara lain:

  • Efisiensi sedikit lebih rendah: Meskipun efisiensinya tinggi, panel surya polikristalin memiliki efisiensi konversi energi yang sedikit lebih rendah daripada monokristalin.
  • Lebih besar dalam ukuran: Panel polikristalin umumnya lebih besar dalam ukuran, membutuhkan lebih banyak ruang untuk instalasi.

3. Panel Surya Tipis (Thin Film Solar Cell)

Panel surya Thin Film tidak terbagi menjadi sel seperti polikristalin dan monokristalin. Sebaliknya, seluruh permukaannya memiliki lapisan bahan fotovoltaik. Karena panel Thin Film menggunakan berbagai dan lapisan bahan daripada sel yang kaku, seperti cadmium telluride (CdTe) dan silikon. Hal ini membuatnya dapat diproduksi menjadi lentur dan ringan.

Sesuai dengan namanya, panel ini bentuknya lebih ramping dan warnanya bergantung pada bahan pembuatnya. Karena bentuknya ini, panel surya Thin Film dapat digunakan di kaca jendela atau benda vertikal, bahkan di atap movil RV. Namun, panel film tipis umumnya kurang efisien sekitar 11% saja jika dibandingkan dengan dua jenis lainnya, yang berarti Anda perlu menutupi area yang lebih besar untuk menghasilkan daya surya sebanyak panel mono dan poli.

Dengan alasan ini, film tipis lebih cocok untuk atap komersial dan industri besar, atau ladang surya yang dipasang di tanah. Mereka biasanya tidak direkomendasikan untuk rumah, karena mereka memerlukan terlalu banyak ruang untuk menghasilkan hasil yang sama seperti dua jenis panel surya lainnya..

Karena proses pembuatannya berbeda, maka harga panel surya tipis disesuaikan dengan jenis bahannya.

Kelebihan Panel Surya Tipis (Thin Film Solar Cell)

Berikut kelebihan dari panel surya Tipis (Thin Film Solar Cell) yang perlu Anda ketahui, antara lain:

  • Fleksibilitas dalam pemasangan: Panel tipis ini bisa dipasang di berbagai permukaan, termasuk yang tidak rata.

Kekurangan Panel Surya Tipis (Thin Film Solar Cell)

Berikut beberapa kekurangan dari panel surya Tipis (Thin Film Solar Cell) yang perlu Anda ketahui, antara lain:

  • Efisiensi lebih rendah: Panel surya thin-film umumnya memiliki efisiensi konversi energi yang lebih rendah dibandingkan dengan jenis lainnya.
  • Umur pakai lebih pendek: Umur pakai panel ini cenderung lebih pendek dibandingkan dengan panel kristalin.

Jenis Panel Surya Mana yang Terbaik Untuk Anda?

Setelah membaca ulasan di atas, dapat disimpulkan bahwa pilihan jenis panel surya terbaik untuk Anda akan sangat bergantung pada kebutuhan energi Anda, lingkungan tempat tinggal, dan anggaran yang tersedia. Berikut ada beberapa poin yang dapat membantu Anda menentukan jenis panel surya yang sesuai:

1. Panel Surya Monocrystalline

Cocok untuk area dengan ruang terbatas karena efisiensinya yang tinggi. Meskipun lebih mahal, mereka menawarkan kinerja yang lebih baik dalam kondisi cahaya rendah. Namun, mereka rentan terhadap naiknya suhu, dan bayangan pada satu sel surya dapat mengurangi kinerja keseluruhan.

2. Panel Surya Polycrystalline

Lebih terjangkau daripada monokristalin dan cocok untuk area yang lebih luas dengan lebih banyak sinar matahari. Meskipun sedikit kurang efisien, panel polikristalin cenderung lebih tahan terhadap suhu tinggi dan memiliki daya tahan yang baik terhadap bayangan.

3. Panel Surya Thin-Film

Lebih ringan dan fleksibel, cocok untuk aplikasi di mana panel konvensional tidak praktis. Namun, mereka memiliki efisiensi yang lebih rendah dan membutuhkan lebih banyak ruang untuk menghasilkan daya yang sama dengan panel kristalin.

Sebelum membuat keputusan, pertimbangkanlah juga faktor lingkungan, seperti intensitas cahaya matahari di lokasi Anda, arah dan kemiringan atap rumah Anda, serta peraturan dan insentif pemerintah yang mungkin mempengaruhi keputusan Anda.

Dengan mempertimbangkan semua faktor ini, Anda dapat membuat keputusan yang tepat dalam memilih jenis panel surya yang terbaik untuk kebutuhan energi dan lingkungan Anda.

Tetapi, jika Anda masih bingung tentang langkah apa yang sebaiknya diambil, jangan ragu untuk menghubungi kami. Sebagai penyedia layanan solar energi di Indonesia, Kami siap melayani Anda dengan maksimal, termasuk membuat perencanaan hingga instalasi. Apakah Anda ingin berkonsultasi tentang jenis panel surya? Kami siap merekomendasikan tipe mana yang terbaik dan cocok untuk wilayah Indonesia. Segera hubungi kami di sini. Atau kunjungi website resmi Atonergi. Semoga informasi di atas bermanfaat. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda dalam memilih solusi energi terbaik untuk kebutuhan Anda.

Banner Paket Panel Surya untuk Rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 1 + 9 =