3 Fungsi Panel Surya di Rumah

Panel surya merupakan alat yang dapat mengubah energi matahari menjadi energi listrik. Ketika matahari bersinar, panel surya akan menyerap sinar matahari dan mengubahnya menjadi listrik. Dalam artikel ini akan dibahas lebih lanjut tentang fungsi panel surya di rumah dan bagaimana cara memasangnya.

Fungsi Panel Surya di Rumah

Berikut ini beberapa kegunaan dari solar panel:

1. Menghemat Tagihan Listrik

Fungsi utama dari panel surya di rumah adalah untuk menghemat tagihan listrik. Dengan memasang panel surya, kamu tidak perlu lagi mengeluarkan biaya yang besar untuk membayar tagihan listrik setiap bulannya. 

Selain itu, panel surya juga dapat memproduksi energi listrik yang lebih dari cukup untuk keperluan sehari-hari, seperti untuk menyalakan lampu, televisi, dan AC.

2. Menjaga Lingkungan

Selain menghemat tagihan listrik, memasang panel surya juga dapat membantu menjaga lingkungan. Panel surya tidak menghasilkan emisi gas rumah kaca yang dapat merusak lingkungan dan menyebabkan perubahan iklim. 

sumber: canva

Dengan memasang panel surya, kamu dapat membantu mengurangi polusi udara dan menjaga lingkungan hidup.

3. Sumber Listrik Cadangan

Panel surya juga dapat digunakan sebagai sumber listrik cadangan saat terjadi pemadaman listrik. Ketika terjadi pemadaman listrik, kamu masih dapat menggunakan listrik yang dihasilkan oleh panel surya untuk keperluan sehari-hari. 

Hal ini sangat berguna terutama jika kamu tinggal di daerah yang sering mengalami pemadaman listrik.

Cara Memasang Panel Surya di Rumah

Berikut ini adalah panduan memasang solar panel di rumah Anda:

1. Tentukan Kapasitas yang Dibutuhkan

Sebelum memasang panel surya di rumah, kamu perlu menentukan kapasitas yang dibutuhkan terlebih dahulu. Hal ini dapat ditentukan dari konsumsi listrik harian dan jumlah peralatan elektronik yang digunakan di rumah. Semakin besar kapasitas panel surya yang dipasang, semakin banyak listrik yang dapat dihasilkan.

2. Pilih Tempat yang Tepat untuk Memasang Panel Surya

Tempat yang tepat untuk memasang panel surya adalah tempat yang terkena sinar matahari secara langsung. Biasanya panel surya dipasang di atap rumah atau di area yang terbuka tanpa rintangan yang dapat menghalangi sinar matahari.

3. Pilih Panel Surya yang Berkualitas

Pilih panel surya yang berkualitas dan memiliki sertifikasi yang jelas. Hal ini dapat memastikan bahwa panel surya yang kamu pasang memiliki kualitas yang baik dan dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Penutup

Temukan keuntungan menghemat tagihan listrik dan menjaga lingkungan dengan panel surya dari Atonergi! Dapatkan informasi lengkap tentang fungsi panel surya di rumah dan solusi pemasangannya dengan menghubungi kami sekarang juga.

By: Bee Atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979

Instagram: @atonergi
Project: @atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 46 − 42 =