Pilih Ukuran Pompa Air Kolam Tenaga Surya yang Tepat

Ulasan Pompa Air Sumur Dangkal Tenaga Surya

Sumber: Canva

Memiliki sumber air yang memadai di rumah merupakan kebutuhan penting bagi setiap keluarga. Salah satu cara untuk mendapatkan sumber air adalah dengan menggunakan pompa air sumur dangkal. Dalam artikel ini, kita akan membahas kelebihan dan kekurangan menggunakan pompa air sumur dangkal tenaga surya.

Kelebihan Menggunakan Pompa Air Sumur Dangkal Tenaga Surya

Berikut ini beberapa kelebihan dari penggunaan solar water pump:

1. Ramah Lingkungan

PATS sumur dangkal memanfaatkan energi dari matahari yang merupakan sumber energi terbarukan dan ramah lingkungan. Dengan menggunakan PATS sumur dangkal, kita dapat mengurangi emisi gas rumah kaca yang berkontribusi pada perubahan iklim.

2. Biaya Operasional Rendah

PATS sumur dangkal tidak memerlukan biaya operasional yang tinggi karena sumber energinya berasal dari matahari yang gratis. Selain itu, biaya perawatan dan pemeliharaan PATS sumur dangkal juga relatif murah.

3. Tidak Bergantung pada Listrik PLN

PATS sumur dangkal tidak bergantung pada listrik PLN sehingga penggunaannya tidak akan terganggu jika terjadi pemadaman listrik. Selain itu, penggunaan PATS sumur dangkal tenaga surya juga dapat mengurangi beban listrik pada jaringan PLN.

Kekurangan Menggunakan Pompa Air Sumur Dangkal Tenaga Surya

Selain kelebihan yang sudah disebutkan diatas, pompa air  juga memiliki kekurangan sebagai berikut:

1. Investasi Awal yang Tinggi

Salah satu kekurangan menggunakan PATS sumur dangkal adalah investasi awal yang tinggi. Harga PATS sumur dangkal lebih mahal dibandingkan dengan pompa air sumur dangkal konvensional. 

Namun, biaya investasi awal ini dapat dikembalikan dalam jangka waktu yang relatif singkat karena biaya operasional dan perawatan yang rendah.

2. Ketergantungan pada Cuaca

Kekurangan lain dari penggunaan PATS sumur dangkal tenaga surya adalah ketergantungan pada cuaca. Kinerja pompa air sumur dangkal sangat tergantung pada intensitas sinar matahari yang diterima. 

Jika cuaca sedang mendung atau hujan, maka PATS sumur dangkal tidak akan bekerja dengan optimal.

3. Memerlukan Perawatan yang Lebih Serius

Meskipun biaya perawatan dan pemeliharaan PATS sumur dangkal relatif murah, namun perawatan yang dilakukan harus lebih serius. Baterai harus dirawat dan diperiksa secara berkala agar tidak mengalami kerusakan. 

Selain itu, panel surya juga harus dibersihkan secara berkala agar tidak terhalang oleh debu atau kotoran.

Penutup

Jangan ragu lagi untuk memanfaatkan energi matahari dengan menggunakan pompa air sumur dangkal tenaga surya! Hubungi Atonergi sekarang juga untuk solusi energi yang ramah lingkungan dan hemat biaya

By: Bee Atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979

Instagram: @atonergi
Project: @atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha + 25 = 28