Tips Perawatan Pompa Air Tenaga Surya agar Awet Tahan Lama

Tips Perawatan Pompa Air Tenaga Surya Agar Awet Tahan Lama

Tips Perawatan Pompa Air Tenaga Surya agar Awet Tahan Lama
sumber: pixabay

Apakah Anda memiliki pompa air tenaga surya yang membantu memasok air untuk kebutuhan sehari-hari? Apakah Anda ingin memastikan bahwa investasi Anda tersebut bertahan lama dan tetap efisien dalam jangka waktu yang lama? Jika jawaban Anda adalah “ya”, maka Anda berada di tempat yang tepat. Dalam artikel ini, kami akan memberikan tips perawatan pompa air tenaga surya agar awet dan tahan lama.

Berikut adalah beberapa tips perawatan pompa air tenaga surya agar awet dan tahan lama yang dapat Anda terapkan.

1. Bersihkan Panel Surya Secara Teratur

Panel surya adalah sumber tenaga utama pompa air tenaga surya. Oleh karena itu, pastikan bahwa panel surya bersih dari debu, kotoran, dan bahan lain yang dapat mengurangi efisiensi dan kinerja pompa. Bersihkan panel surya setidaknya sekali dalam enam bulan.

2. Periksa Kabel dan Sambungan

Pastikan bahwa kabel dan sambungan pompa air tenaga surya tidak rusak atau terkelupas. Jika ada kabel atau sambungan yang rusak, segera ganti untuk menghindari kerusakan lebih lanjut.

3. Periksa Sistem Proteksi Pompa

Sistem proteksi pompa melindungi pompa dari kerusakan yang disebabkan oleh tegangan rendah atau tinggi, atau arus pendek. Pastikan bahwa sistem proteksi pompa berfungsi dengan baik dan segera perbaiki jika ada masalah.

4. Ganti Oli Secara Teratur

Oli pelumas sangat penting untuk menjaga pompa air tenaga surya berfungsi dengan baik. Ganti oli secara teratur sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh produsen.

5. Pastikan Pompa Tidak Kekurangan Air

Pastikan bahwa pompa air tenaga surya tidak kekurangan air karena dapat menyebabkan kerusakan pada pompa. Pasang sensor air atau pengendali tekanan untuk memastikan bahwa pompa hanya beroperasi ketika ada air yang cukup.

6. Jangan Biarkan Pompa Air Tenaga Surya Terlalu Lama Tidak Digunakan

Pompa air tenaga surya harus digunakan secara teratur untuk mencegah kerusakan pada motor dan pompa. Jika Anda tidak menggunakannya untuk jangka waktu yang lama, pastikan untuk menghidupkannya setidaknya sekali seminggu untuk menjaga keandalannya.

Penutup

Pompa air tenaga surya adalah solusi yang ramah lingkungan dan hemat energi untuk mendapatkan air bersih dan segar. Dengan tips merawat dan memperbaiki pompa secara rutin, Anda dapat memperpanjang masa pakai dan meningkatkan efisiensi pompa. Jika anda mengalami kesulitan dalam merawat, Hubungi Atonergi jasa perawatan PATS terpercaya dan terbaik.

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979
Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Penulis: Tiger

Penyunting: Alpaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 1 × = 6