Memilih lokasi pompa air

Tips Perawatan Pompa Air agar Awet

Tips Perawatan Pompa Air agar Awet
Sumber : Dok. Pribadi

Pompa air adalah perangkat penting dalam menjaga pasokan air yang lancar di rumah Anda. Agar pompa air tetap berfungsi dengan baik dan awet, Anda perlu melakukan perawatan yang tepat. Dalam artikel ini, kami akan memberikan beberapa tips perawatan sederhana untuk menjaga keawetan pompa air Anda.

Periksa dan Bersihkan Saringan Secara Berkala

Saringan pada pompa air berfungsi untuk menyaring kotoran dan partikel lain dari air. Saringan yang kotor dapat menghambat aliran air dan meningkatkan tekanan pada pompa. Oleh karena itu, periksa dan bersihkan saringan secara berkala.

Periksa Kabel dan Hubungan Listrik

Pastikan kabel dan semua hubungan listrik pada pompa air dalam kondisi baik. Kabel yang rusak atau hubungan yang longgar dapat mengganggu kinerja pompa dan bahkan menyebabkan kerusakan lebih lanjut.

Lakukan Pelumasan pada Bagian-Bagian Bergerak

Pompa air memiliki bagian-bagian yang bergerak, seperti bantalan dan poros. Untuk menjaga agar pompa beroperasi dengan mulus, lakukan pelumasan pada bagian-bagian ini sesuai dengan petunjuk dari produsen.

Periksa Tekanan Air dan Tekanan Pipa

Periksa tekanan air pada pompa dan tekanan dalam pipa. Tekanan yang terlalu tinggi atau terlalu rendah dapat memengaruhi kinerja pompa. Pastikan tekanan berada dalam rentang yang disarankan.

Lakukan Pemantauan Berkala

Pemantauan berkala adalah langkah penting dalam perawatan pompa air. Amati suara dan perilaku pompa secara rutin. Jika ada perubahan yang mencurigakan, segera periksa dan identifikasi masalahnya.

Jaga Kebersihan Sumur atau Sumber Air

Jika pompa Anda mengambil air dari sumur atau sumber air lainnya, pastikan sumur atau sumber air tersebut tetap bersih. Debu atau kotoran yang masuk ke dalam sumur dapat merusak pompa.

Hindari Operasi Terlalu Lama

Pompa air sebaiknya tidak dioperasikan terlalu lama secara terus-menerus. Ini dapat mengakibatkan panas berlebih pada pompa dan memperpendek umur kerjanya. Berikan istirahat sesekali.

Pertimbangkan Pemasangan Sistem Proteksi

Jika lingkungan di sekitar pompa air cenderung keras atau berisiko terhadap kerusakan, pertimbangkan untuk menginstal sistem proteksi seperti pelindung tegangan atau alat pemutus sirkuit.

Jadwalkan Pemeriksaan Rutin oleh Ahli

Terakhir, jangan ragu untuk mengundang ahli perawatan pompa air untuk memeriksa pompa secara rutin. Mereka memiliki pengetahuan dan pengalaman untuk mendeteksi masalah sejak dini dan melakukan perawatan yang diperlukan.

Penutup

Dengan menjaga pompa air Anda dengan baik dan melakukan tips perawatan pompa air dengan benar, Anda dapat memastikan bahwa pompa air akan awet dan memberikan pasokan air yang lancar di rumah Anda. Jika Anda ingin ikut merasakan manfaat panel surya. Tidak perlu cemas, karena Atonergi sebagai perusahaan distribusi dan jasa pemasangan energi surya siap dalam memenuhi keinginan anda untuk mendapatkan manfaat dari energi surya yang terbaik. Segera kunjungi website kami di www.atonergi.com atau kontak sales dan media sosial kami di bawah ini untuk konsultasi lebih lanjut.

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

Minato: 0812-3460-5879
Denis: 0813-5735-0979
Karina: 0811-328-7979

Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi
Tiktok: Atonergi
Tokopedia: Atonergi
Shopee: Atonergi

Penulis : Hedgehog

Penyunting : Alpaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha + 77 = 85