Teknik Instalasi Pompa Submersible Tenaga Surya: Memanfaatkan Energi Terbarukan

Sumber: Canva

Pompa submersible tenaga surya telah mendapatkan perhatian yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir karena kemampuannya untuk memanfaatkan sumber energi terbarukan. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi teknik dan proses instalasi Teknik Instalasi Pompa Submersible Tenaga Surya.

Proses Instalasi Pompa Submersible Tenaga Surya

Berikut proses instalasi pompa air tenaga surya jenis ini.

Menilai Kebutuhan Air

Sebelum menginstal pompa submersible tenaga surya, sangat penting untuk menilai kebutuhan air dari aplikasi yang diinginkan. Pertimbangkan faktor-faktor seperti laju aliran yang dibutuhkan, total dynamic head (TDH), dan penggunaan air harian. 

Menginstal Panel Surya

Panel surya menangkap sinar matahari dan mengubahnya menjadi listrik untuk memasok daya pompa submersible. Ikuti langkah-langkah berikut untuk menginstal panel surya:

  1. Penempatan: Orientasikan panel surya menghadap ke arah selatan sejati (di Belahan Bumi Utara) atau ke arah utara sejati (di Belahan Bumi Selatan) untuk memaksimalkan paparan sinar matahari. Miringkan panel dengan sudut yang sama dengan lintang lokasi instalasi untuk kinerja yang optimal.
  2. Pemasangan: Gunakan bracket atau rak pemasangan yang aman untuk menghubungkan panel surya ke struktur yang stabil, seperti atap atau rangka yang dipasang di tanah. Pastikan penyejajaran yang tepat dan jarak yang memadai antara panel untuk pengumpulan energi yang efisien.
  3. Pengkabelan: Sambungkan panel surya dalam konfigurasi seri atau paralel, tergantung pada tegangan dan arus sistem yang dibutuhkan. Gunakan kabel surya dan konektor yang sesuai ukuran untuk koneksi listrik yang andal dan aman.

Menginstal Pompa Submersible

Pompa submersible adalah jantung dari sistem tenaga surya ini, bertanggung jawab atas pengambilan dan pengiriman air. Berikut adalah cara menginstal pompa submersible:

  1. Pemilihan Pompa: Pilih pompa submersible yang sesuai dengan kebutuhan air yang ditentukan selama tahap penilaian. Pertimbangkan faktor-faktor seperti laju aliran, TDH, dan efisiensi pompa.
  2. Penempatan Submersible: Turunkan pompa ke dalam sumber air, memastikan bahwa pompa sepenuhnya terendam. Penempuan yang tepat mencegah pompa bekerja kering dan melindunginya dari overheating.
  3. Koneksi Listrik: Sambungkan kabel daya pompa ke unit kontrol atau inverter sistem surya. Ikuti instruksi produsen untuk kabelisasi yang tepat dan pedoman keamanan.
  4. Pipa dan Katup: Pasang pipa dan katup yang diperlukan untuk memfasilitasi aliran air dari pompa ke tujuan yang diinginkan. Pertimbangkan penggunaan pipa dan fitting berkualitas tinggi untuk meminimalkan kehilangan gesekan dan mengoptimalkan efisiensi sistem.

Penutup

Dengan instalasi dan pemeliharaan yang tepat, pompa submersible tenaga surya dapat berkontribusi pada masa depan yang lebih berkelanjutan sambil memastikan pasokan air yang handal. Hubungi Atonergi sekarang juga!

By : Yee Atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

Minato: 0812-3460-5879
Denis: 0813-5735-0979
Tyas: 0821-4302-7979
Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi
Tiktok : @atonergi
Tokopedia : Atonergi
Shopee : Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 2 + 8 =