Tagihan Listrik Membengkak

Tagihan Listrik Membengkak? Ini 5 Penyebab Utamanya

Halo Sobat Aton! Apakah Anda pernah kaget melihat tagihan listrik yang meningkat tajam tanpa anda perkirakan sebelumnya? Meskipun anda mungkin sudah berusaha menghemat energi, tetapi tetap saja tagihan listrik melambung tinggi. Hal ini tentu bisa menjadi beban biaya yang tidak diinginkan, terutama jika kenaikan tersebut tidak terduga. Namun, sebenarnya ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan tagihan listrik membengkak yang perlu Anda ketahui. Dengan memahami penyebabnya, Anda bisa lebih siap menghadapi tagihan listrik di masa mendatang. Temukan informasi selengkapnya di bawah ini!

Mengapa Tagihan Listrik Membengkak?

Penyebab Tagihan Listrik membengkak bisa saja terjadi karena beberapa hal. Berikut ini adalah beberapa hal yang mungkin anda tidak sadari dan tiba tiba membuat tagihan listrik membengkak adalah sebagai berikut:

1. Ketidakseimbangan Penggunaan Energi

Yang pertama, sering banget terjadi. Pakai peralatan listrik seperti mesin cuci, pengering pakaian, atau microwave itu emang praktis, tapi kalau kebanyakan dan dipakai bersamaan bisa bikin tagihan listrik melonjak.

2. Penggunaan Alat Elektronik Yang Tidak Hemat Energi

Kedua, peralatan elektronik yang tidak digunakan secara bijak berpotensi menaikkan tagihan listrik, seperti :

AC yang kotor

Banyak pemilik rumah tidak menyadari bahwa filter udara yang kotor, tingkat refrigeran yang rendah, dan unit AC yang kotor atau tersumbat bisa membuat sistem AC bekerja lebih keras sehingga dapat meningkatkan biaya pengoperasian.

Buka tutup kulkas

Mungkin anda tidak menyadari hal yang satu ini adalah Penggunaan daya listrik akan meningkat secara signifikan karena seringnya membuka dan menutup pintu kulkas, terutama jika kulkas dibiarkan terbuka dalam waktu yang cukup lama. Hal ini menyebabkan kulkas harus bekerja lebih keras untuk menjaga suhu di dalamnya tetap dingin. Sebaiknya, ambillah semua yang kamu butuhkan dari kulkas sekaligus, dan saat menyimpan kembali, lakukan dengan cepat. Meskipun sederhana, kebiasaan ini akan membantu mengurangi konsumsi daya listrik secara keseluruhan.

Memasukkan Masakan Panas Ke Kulkas

Cara untuk menjaga makanan tetap awet adalah dimasukkan ke kulkas. Namun, memasukkan makanan panas ke dalam kulkas membuat tagihan listrik bengkak karena kulkas bekerja lebih ekstra untuk menjaga kestabilan suhu di dalamnya. Jadi, sobat aton harus lebih bijak lagi ya kalau mau gunain kulkasnya.

Membiarkan TV yang Menonton Kamu

Siapa yang suka membiarkan TV menyala selama 24 jam? Sebagian orang suka menyalakan TV walaupun tidak menontonnya dan sibuk bermain hp, alasannya agar tidak terasa sepi saja. Tapi, jika terlalu sering dilakukan, percayalah tagihan listrikmu otomatis membengkak. Belum lagi ditambah pemakaian alat elektronik lain yang wajib menyala, seperti kulkas.

3. Perangkat Elektronik ‘Jadul’

Ketiga, masih seputar alat elektronik. Perangkat elektronik yang boros energi merupakan salah satu faktor utama yang dapat menyebabkan kenaikan tagihan listrik. Terutama, perangkat-perangkat elektronik yang sudah tua cenderung menggunakan energi lebih banyak daripada teknologi baru. Hal ini karena teknologi pada perangkat-perangkat lama mungkin kurang efisien dalam penggunaan energi. Misalnya, televisi lama yang menggunakan tabung katoda cenderung lebih boros energi daripada televisi LED modern. Begitu juga dengan lemari es atau mesin cuci yang sudah lama digunakan, biasanya lebih boros energi daripada model-model terbaru yang dirancang dengan teknologi yang lebih efisien.

4. Meninggalkan Rumah Terlalu Lama

Salah satu alasan mengapa tagihan listrik bisa menjadi tidak wajar adalah karena rumah kosong. Biaya listrik yang meningkat bisa disebabkan oleh kenyataan bahwa rumah yang Anda tinggali sekarang sebelumnya kosong dalam waktu yang cukup lama. Ketika Anda membayar tagihan listrik, Anda mungkin harus mengeluarkan biaya yang lebih besar daripada yang tercantum pada meteran karena akumulasi biaya dari bulan-bulan sebelumnya yang belum dibayarkan.

Tetapi, jika rumah tersebut anda tinggali tetapi tagihan listrik masih naik, coba lihat peralatan elektronik anda. Mungkin saja rumah anda menyalakan lampu selama 24 jam secara terus-menerus, lupa mencabut “charger”, alat elektronik kondisi “standby”, hingga tidak mematikan ac saat keluar rumah.

5. Tarif Listrik Yang Berubah

Jika dari 4 masalah diatas tidak mengatasi masalah anda, mungkin saja masalahnya ada di faktor eksternal. Perubahan tarif listrik adalah fenomena yang terjadi ketika penyedia layanan listrik memutuskan untuk mengubah harga atau tarif yang dikenakan kepada pelanggannya. Hal ini dapat terjadi karena berbagai faktor, termasuk penyesuaian kebijakan pemerintah, fluktuasi harga bahan bakar, atau peningkatan biaya infrastruktur.

6. Kelalaian petugas pencatat meteran listrik

Tagihan listrik membengkak bisa juga disebabkan oleh kelalaian petugas PLN untuk mencatat meteran listrik. Petugas pencatatan listrik yang datang ke rumah Anda mungkin saja tidak teliti dalam mengecek meteran listrik Anda sehingga menyebabkan tagihan listrik yang tidak sesuai. Beberapa pelanggan pernah mengalami hal seperti ini. Jika hal ini terjadi, sebaiknya segera melapor pada pihak PLN untuk dilakukan pengecekan ulang.

Baca Juga: 10 Tips Penghematan Energi di Rumah

Cara Mengatasi Tagihan Listrik Membengkak

Setelah mengetahui kenapa tagihan listrik naik drastis dan supaya tagihan listrik tidak melonjak tinggi, Sobat aton bisa coba beberapa cara mengatasi tagihan listrik membengkak, disimak yuk beberapa cara berikut ini:

1. Pakai Barang Elektronik yang Hemat Energi

Barang Elektronik semakin hari semakin canggih, inovasi tidak hanya terjadi pada fiturnya saja tetapi juga penghematan daya yang bisa dimaksimalkan dari penggunaan barang-barang elektronik. Mungkin sobat aton tidak asing dengan jenis barang eletronik rumahan dengan embel-embel “smart” yang melekat pada barangnya. Ini bukan sekedar gimmick tetapi memang kecanggihan teknologi yang bisa membuat barang elektronik tersebut yang membuat penggunaan energinya semakin efisien tanpa mengurangi kualitas yang dihasilkan.

Sudah saatnya beralih untuk investasi ke barang-barang elektronik yang hemat energi. Biarpun harganya mungkin lebih mahal, tapi manfaat yang bisa didapat adalah bisa hemat banget tagihan listriknya!

2. Matikan Barang Elektronik Sekaligus

Ini adalah kebiasaan buruk orang-orang yang paling sering bikin tagihan listrik naik drastis. Sebaiknya jika tidak digunakan seperti laptop, TV dan komputer, kalau memang sudah tidak dipakai, pastikan perangkat elektronik tersebut sudah dimatikan secara langsung, bukan hanya meninggalkannya dalam mode standby.

3. Hemat Lampu

Jangan pernah lupa mematikan lampu, terutama saat siang hari dimana hari sangat terang sehingga tidak butuh lampu untuk pencahayaan! Atau mungkin kita bisa coba pake lampu LED yang lebih hemat energi.

4. Adukan ke PLN jika Terjadi Kenaikan yang Tidak Wajar

Faktor Kelalaian Petugas Pencatatan Meteran dari PLN mungkin saja terjadi yang bisa menyebabkan kerugian konsumennya. Tapi jangan khawatir, PLN memberi fasilitas pengaduan jika memang ada kenaikan tagihan yang tidak wajar. Anda bisa melapor kejadian tersebut melalui aplikasi PLN Mobile atau melalui contact center PLN di 123.

5. Coba Pakai Sumber Energi Terbarukan

Tagihan listrik PLN lambat laun pasti akan mengalami kenaikan karena berbagai faktor, maka dari itu banyak orang mulai mencari sumber energi alternatif yang bisa dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari.

Salah satu hal yang mulai dicoba oleh orang-orang adalah dengan memasang Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS Atap). Teknologi dengan memanfaatkan energi terbarukan ini mungkin masih terbilang mahal bagi beberapa orang tetapi memang pemasangan PLTS Atap ini diperuntukkan sebagai investasi jangka panjang yang mampu membantu pengguna untuk menghemat tagihan listriknya. Selain itu, anda juga bisa membantu menjaga lingkungan.

Baca juga : 9 Kelebihan PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) – Atonergi

Kesimpulan

Kenaikan tagihan listrik bisa menjadi masalah yang mengganggu, tetapi dengan pemahaman yang baik tentang penyebabnya dan menerapkan strategi efektif untuk mengatasi masalah tersebut, Anda dapat mengelola tagihan listrik dengan lebih efisien.

ATONERGI : SOLUSI PENYEDIA ENERGI TERBARUKAN

Sebagai perusahaan yang mendukung penghematan energi, maka Kami menawarkan solusi kepada Anda terkait penggunaan pembangkit listrik tenaga surya. Ada banyak Paket PLTS untuk Rumah yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan.

Semoga informasi di atas bisa membantu ya! Sobat Aton, jangan lupa cek artikel menarik lainnya seputar plts, pats dan energi terbarukan di Blog Atonergi 

Sobat Aton, apabila anda tertarik untuk memasang PLTS Atap yang Terpercaya bisa hubungi tim Atonergi disini ya, Gratis konsultasi kok! Dapatkan Diskon hingga 50% dan Gratis Pemasangan.

Banner Paket Panel Surya untuk Rumah

By : yee snowy

Edit by : Faris Fakhruddin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 10 × 1 =