Sertifikasi SDGs untuk Energi Bersih

Sertifikasi SDGs adalah program sertifikasi yang bertujuan untuk mendorong penggunaan energi bersih dan berkelanjutan. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang sertifikat SDGs untuk dan bagaimana program ini dapat membantu kita mencapai masa depan yang lebih baik.

Apa itu Sertifikasi SDGs untuk Energi Bersih?

Sumber: Canva

Sertifikat SDGs untuk energi bersih adalah sebuah program sertifikasi yang bertujuan untuk mendorong penggunaan energi bersih dan berkelanjutan. Program ini merupakan inisiatif dari Badan Standardisasi Nasional (BSN) dan didukung oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). 

Tujuan utama dari program ini adalah untuk mempromosikan penggunaan energi bersih dan berkelanjutan di Indonesia dan mendorong perusahaan untuk berinvestasi dalam teknologi ramah lingkungan.

Bagaimana Sertifikasi SDGs untuk Energi Bersih Bekerja?

Program sertifikat SDGs untuk energi bersih mengukur kinerja perusahaan dalam menggunakan energi bersih dan berkelanjutan. Perusahaan yang berhasil memenuhi persyaratan program ini akan mendapatkan sertifikat yang menunjukkan bahwa mereka telah berhasil mengadopsi teknologi yang ramah lingkungan. 

Sertifikasi ini juga dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan reputasi mereka dan membuka peluang bisnis baru.

Manfaat dari Sertifikasi SDGs untuk Energi Bersih

Sertifikat SDGs untuk energi bersih memberikan berbagai manfaat bagi perusahaan dan masyarakat, diantaranya:

1. Meningkatkan Reputasi Perusahaan

Dengan memperoleh sertifikasi ini, perusahaan dapat meningkatkan reputasi mereka sebagai perusahaan yang peduli terhadap lingkungan dan berkomitmen untuk mengurangi dampak negatif yang dihasilkan oleh operasional mereka.

2. Meningkatkan Efisiensi Energi

Program sertifikat SDGs untuk energi bersih mendorong perusahaan untuk menggunakan teknologi ramah lingkungan yang dapat menghemat penggunaan energi. Dengan menggunakan teknologi yang lebih efisien, perusahaan dapat mengurangi biaya operasional mereka dan meningkatkan keuntungan mereka.

Bagaimana Cara Mendapatkan Sertifikat SDGs untuk Energi Bersih?

Untuk mendapatkan sertifikasi ini, perusahaan harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan oleh BSN. Persyaratan tersebut meliputi:

1. Menyusun Rencana Aksi Energi Bersih

Perusahaan harus menyusun rencana aksi yang berisi tentang langkah-langkah yang akan diambil untuk meningkatkan penggunaan energi bersih dan berkelanjutan. Rencana aksi tersebut harus mencakup target pengurangan emisi gas rumah kaca dan penghematan energi.

2. Melakukan Audit Energi

Perusahaan harus melakukan audit energi untuk mengetahui penggunaan energi mereka dan menemukan potensi penghematan energi. Audit energi juga dapat membantu perusahaan dalam menentukan langkah-langkah yang perlu diambil untuk meningkatkan efisiensi energi.

3. Melaporkan Kinerja Energi

Perusahaan harus melaporkan kinerja mereka dalam menggunakan energi bersih dan berkelanjutan secara berkala. Laporan tersebut harus mencakup penggunaan energi, emisi gas rumah kaca, dan pencapaian target penghematan energi.

Penutup

Pelajari lebih lanjut tentang sertifikasi SDGs untuk energi bersih dan bagaimana program ini dapat membantu perusahaan Anda menjadi lebih ramah lingkungan dan efisien secara energi. Dapatkan sertifikat SDGs sekarang!

By: Bee Atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979
Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 8 + = 15