Rutinitas Perawatan Harian PJU-TS

Pencahayaan jalan umum (PJU) sangat penting untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi pengguna jalan pada malam hari. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan langkah-langkah penting yang harus diikuti dalam rutinitas perawatan harian PJU-TS untuk memastikan pencahayaan yang efisien.

Rutinitas Perawatan Harian PJU-TS

Kegiatan maintenance harian PJU-TS mencakup serangkaian tindakan yang perlu dilakukan secara teratur untuk menjaga kinerja dan efisiensi sistem pencahayaan. Berikut adalah beberapa langkah penting yang perlu Anda ikuti:

1. Pemeriksaan Visual Rutin

Pemeriksaan visual rutin adalah langkah pertama yang harus dilakukan dalam kegiatan maintenance harian PJU-TS. Dalam pemeriksaan ini, perhatikan apakah semua lampu menyala dengan baik.

Periksa juga apakah ada kerusakan fisik pada panel surya, kabel, atau bagian lainnya. Jika Anda menemukan masalah, tindaklanjuti dengan perbaikan atau penggantian yang diperlukan.

Sumber: Canva

2. Pengecekan Baterai

Baterai pada sistem PJU-TS berperan penting dalam menyimpan energi surya. Pastikan baterai bekerja dengan baik dan memiliki kapasitas yang cukup. Periksa tegangan baterai dan pastikan tidak ada kebocoran atau kerusakan fisik. Jika ada masalah, segera ganti baterai yang rusak dengan yang baru.

3. Pemeriksaan Koneksi dan Kabel

Koneksi yang buruk atau kabel yang rusak dapat menyebabkan gangguan dalam sistem PJU-TS. Periksa koneksi antara panel surya, baterai, dan lampu. Pastikan semua kabel terhubung dengan baik dan tidak ada kebocoran arus listrik. Jika ditemukan masalah, segera perbaiki atau ganti kabel yang rusak.

4. Pemantauan Sistem

Pemantauan sistem PJU-TS secara teratur sangat penting untuk memastikan kinerja yang optimal. Gunakan perangkat pemantauan yang sesuai untuk memantau produksi energi surya, status baterai, dan operasi lampu. 

Dengan pemantauan yang tepat, Anda dapat mengidentifikasi masalah dengan cepat dan mengambil tindakan yang diperlukan.

5. Perlindungan Terhadap Cuaca Ekstrem

Cuaca ekstrem seperti hujan deras, angin kencang, atau badai dapat mempengaruhi kinerja PJU-TS. Pastikan sistem terlindungi dengan baik dari cuaca ekstrem dengan menggunakan perangkat perlindungan yang sesuai. 

Bungkus kabel dengan rapat, gunakan penahan kabel yang kuat, dan periksa apakah semua bagian sistem tetap aman saat terjadi cuaca buruk.

6. Pemeliharaan Teratur oleh Tenaga Ahli

Selain rutinitas perawatan harian yang bisa Anda lakukan sendiri, sangat disarankan untuk melakukan pemeliharaan teratur oleh tenaga ahli. Pemeliharaan rutin yang dilakukan oleh teknisi yang berpengalaman akan memastikan bahwa sistem PJU-TS berfungsi dengan baik dan mencegah masalah yang lebih serius. 

Jadwalkan pemeliharaan rutin dengan penyedia layanan yang kompeten dan terpercaya.

Penutup

Jaga pencahayaan jalan Anda dengan rutinitas perawatan harian PJU-TS yang efektif. Percayakan kepada Atonergi untuk solusi terbaik dalam menjaga kinerja dan keandalan sistem pencahayaan Anda!

By: Bee Atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979
Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 10 × 1 =