Regulasi Pemasangan Panel Surya di Indonesia yang Perlu Diketahui

Regulasi Pemasangan Panel Surya di Indonesia

Regulasi Pemasangan Panel Surya di Indonesia yang Perlu Diketahui
sumber: pixabay

Panel surya adalah sumber energi terbarukan yang semakin populer di Indonesia. Penggunaannya dapat membantu mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil dan mengurangi dampak lingkungan yang dihasilkan. 

Namun, sebelum memutuskan untuk memasang solar panel, penting untuk mengetahui regulasi pemasangan solar panel di Indonesia yang perlu diketahui. Regulasi ini akan memastikan bahwa pemasangan panel surya dilakukan dengan aman, efektif, dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Regulasi Pemasangan Solar Panel di Indonesia yang Perlu Diketahui:

Berikut adalah regulasinya:

1.Izin Pemasangan Panel Surya

Sebelum memasang panel surya, pemilik rumah atau bisnis harus memperoleh izin dari pihak berwenang, seperti Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) setempat. Izin ini diperlukan untuk memastikan bahwa pemasangan ini sesuai dengan regulasi dan persyaratan yang berlaku.

2.Sertifikasi Produk Panel Surya

Panel surya yang digunakan harus memiliki sertifikasi dari Badan Standardisasi Nasional (BSN) atau lembaga sertifikasi independen yang diakui oleh pemerintah. Sertifikasi ini akan memastikan bahwa panel surya yang digunakan memenuhi standar kualitas dan keselamatan yang diperlukan.

3.Konfigurasi Instalasi Panel Surya

Konfigurasi instalasi panel surya harus memperhatikan beberapa hal, seperti lokasi pemasangan, arah panel surya, dan sudut kemiringan panel surya. Panel surya harus dipasang di tempat yang aman dan sesuai dengan aturan yang berlaku. Arah dan kemiringan panel surya harus disesuaikan dengan kebutuhan penggunaan dan kondisi geografis tempat pemasangan.

4.Penggunaan Inverter dan Penghubung Listrik

Pemasangan panel surya harus dilengkapi dengan inverter dan penghubung listrik yang sesuai. Inverter digunakan untuk mengubah arus listrik DC dari panel surya menjadi arus listrik AC yang dapat digunakan di rumah atau bisnis. Penghubung listrik harus dipasang dengan benar dan aman untuk mencegah kecelakaan listrik.

Penutup

Dalam memasang panel surya, pemilik rumah atau bisnis harus memperhatikan regulasi pemasangan panel surya di Indonesia yang perlu diketahui. Regulasi ini akan memastikan bahwa pemasangan panel surya dilakukan dengan aman, efektif, dan sesuai dengan aturan yang berlaku. Jika anda ingin berkonsultasi dahulu mengenai regulasi pemasangan panel surya, Hubungi Atonergi untuk Konsultasi Gratis!

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979
Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Penulis: Tiger

Penyunting: Alpaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 33 + = 42