Potensi Investasi Energi Bersih di Indonesia

Potensi Investasi Energi Bersih di Indonesia

Potensi Investasi Energi Bersih di Indonesia
sumber: pixabay

Potensi investasi energi bersih di Indonesia yang sangat besar. Potensi ini meliputi energi terbarukan seperti tenaga surya, angin, air, dan biomassa. Selain itu, Indonesia juga memiliki potensi besar dalam pengembangan teknologi energi bersih seperti baterai, kendaraan listrik, dan hidrogen.

Dalam upaya untuk memperkuat perekonomian dan menjaga lingkungan hidup, pemerintah Indonesia telah memberikan banyak dukungan untuk pengembangan sektor energi bersih.

Potensi Investasi Energi Bersih

1. Energi Terbarukan

Indonesia memiliki potensi energi terbarukan yang melimpah seperti tenaga surya, angin, air, dan biomassa. Menurut data dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, potensi energi terbarukan di Indonesia mencapai sekitar 442,4 gigawatt (GW). 

Potensi ini diperkirakan dapat memenuhi hingga 23% dari total kebutuhan energi Indonesia pada tahun 2025. Dengan potensi yang besar ini, Indonesia dapat menarik banyak investor dalam pengembangan teknologi dan infrastruktur energi terbarukan.

2. Pengembangan Teknologi Energi Bersih

Pengembangan teknologi energi hijau seperti baterai, kendaraan listrik, dan hidrogen juga menjadi potensi besar untuk investasi di Indonesia. Dalam upaya untuk meningkatkan penggunaan kendaraan listrik, pemerintah Indonesia telah memberikan insentif pajak dan subsidi untuk kendaraan listrik. 

Selain itu, Indonesia juga memiliki potensi besar untuk pengembangan teknologi baterai, mengingat Indonesia merupakan produsen utama bahan baku baterai seperti nikel dan kobalt.

3. Infrastruktur Energi Bersih

Investasi di infrastruktur energi ramah juga menjadi potensi besar di Indonesia. Infrastruktur yang dibutuhkan seperti pembangkit listrik tenaga surya, turbin angin, dan pembangkit listrik tenaga air. Indonesia juga telah berencana untuk membangun instalasi pembangkit listrik tenaga nuklir sebagai bagian dari strategi energi bersih dan diversifikasi energi.

Penutup

Potensi investasi energi bersih di Indonesia sangat besar dan dapat membawa manfaat besar bagi perekonomian dan lingkungan hidup. Sebagai negara dengan sumber daya alam yang melimpah, Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi pemimpin dalam pengembangan energi bersih di Asia Tenggara dan dunia.

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979
Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Penulis: Tiger

Penyunting: Alpaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha × 2 = 20