Pompa air tenaga surya submersible : Yang Perlu Anda Ketahui

Pompa air tenaga surya submersible
Sumber: canva

Semua orang pasti membutuhkan akses air bersih dan sehat untuk kehidupan sehari-hari. Sayangnya, tidak semua daerah memiliki akses mudah ke pasokan air yang baik dan terkendali. Untuk mengatasi masalah ini, pompa air tenaga surya submersible dapat menjadi alternatif yang populer.

Bagaimana Pompa Air Tenaga Surya Submersible Bekerja?

PATS submersible bekerja dengan memanfaatkan energi matahari untuk menggerakkan pompa air. PATS submersible terdiri dari beberapa komponen, yaitu panel surya, kontroler daya, PATS submersible, dan sumur bor.

  • Panel surya: Panel surya adalah bagian penting dari sistem PATS. Panel surya mengubah energi matahari menjadi energi listrik yang digunakan untuk menggerakkan pompa air.
  • Kontroler daya: Kontroler daya adalah bagian dari sistem PATS yang mengatur aliran listrik dari panel surya ke pompa air submersible. Kontroler daya juga berfungsi untuk melindungi pompa air dari kerusakan akibat arus listrik yang tidak stabil.
  • PATS submersible: PATS submersible adalah jenis pompa air yang ditempatkan di bawah permukaan air. PATS submersible mengambil air dari sumur bor dan memompa air ke permukaan.
  • Sumur bor: Sumur bor adalah sumur yang dibuat dengan cara mengebor tanah atau batuan hingga mencapai air tanah yang cukup untuk digunakan sebagai pasokan air.

Keuntungan Menggunakan Pompa Air Tenaga Surya Submersible

Menggunakan PATS submersible memiliki banyak keuntungan, di antaranya:

  1. Biaya yang lebih rendah: PATS menghemat biaya listrik yang tinggi karena menggunakan energi matahari yang gratis dan tidak terbatas.
  2. Ramah lingkungan: PATS tidak menggunakan bahan bakar fosil yang dapat mencemari lingkungan.
  3. Mudah dipasang: PATS dapat dipasang di mana saja tanpa perlu membangun infrastruktur tambahan. Selain itu, PATS tidak memerlukan kabel listrik yang panjang dan rumit.
  4. Tahan lama: PATS memiliki umur yang lebih lama karena tidak memerlukan perawatan yang terus-menerus dan tidak memiliki bagian mekanis yang rentan rusak.

Bagaimana Memilih PATS Submersible yang Tepat?

Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih PATS submersible:

  1. Kebutuhan air: Tentukan berapa banyak air yang dibutuhkan dan berapa banyak pasokan air yang tersedia di sumur bor. Ini akan membantu menentukan ukuran PATS yang dibutuhkan.
  2. Kedalaman sumur bor: Hal ini juga perlu dipertimbangkan saat memilih PATS. Semakin dalam sumur bor, semakin kuat PATS yang diperlukan.
  3. Daya panel surya: Pastikan memilih panel surya yang sesuai dengan daya PATS yang dipilih.
  4. Kualitas produk: Pilih PATS yang berkualitas dan tahan lama. Periksa reputasi produsen dan baca ulasan produk sebelum membeli.
  5. Harga: Harga PATS dapat bervariasi tergantung pada merek, ukuran, dan kualitas produk. Pastikan memilih yang sesuai dengan anggaran yang tersedia.

Penutup

Pompa air tenaga surya submersible dapat menjadi solusi untuk Anda yang memiiki sumber mata air dengan kedalaman yang cukup tinggi. Mari konsultasikan pada Atonergi apakah memang pompa jenis ini tepat bagi Anda!

by : yee atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979

Instagram: @atonergi
Project: @atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 70 − = 63