Pompa Air Tenaga Surya Submersible: Cara Kerja, Kelebihan, dan Harga

Sumber: canva

Pompa air tenaga surya submersible adalah sebuah pompa air yang menggunakan energi matahari untuk menghasilkan daya yang dibutuhkan untuk mengalirkan air dari sumur atau air tanah ke permukaan. PATS banyak digunakan di daerah-daerah yang sulit terjangkau oleh jaringan listrik konvensional.

Bagaimana Cara Kerja Pompa Air Tenaga Surya Submersible?

PATS submersible bekerja dengan mengubah energi surya menjadi energi listrik yang dibutuhkan untuk mengalirkan air dari sumur atau air tanah ke permukaan. Berikut adalah cara kerja PATS submersible:

  1. Solar Panel: PATS submersible menggunakan solar panel sebagai sumber daya listrik. Solar panel menangkap sinar matahari dan mengubahnya menjadi energi listrik.
  2. Kontroler: Kontroler digunakan untuk mengatur pengisian daya baterai dan mengontrol arus yang masuk ke motor pompa.
  3. Baterai: Baterai digunakan untuk menyimpan energi listrik yang dihasilkan oleh solar panel. Baterai akan mengalirkan energi listrik tersebut ke motor pompa saat solar panel tidak menghasilkan daya.
  4. Motor Pompa: Motor pompa merupakan bagian yang paling penting dari PATS submersible. Motor pompa mengubah energi listrik menjadi energi mekanik yang digunakan untuk mengalirkan air dari sumur atau air tanah ke permukaan.
  5. Pompa: Pompa digunakan untuk mengalirkan air dari sumur atau air tanah ke permukaan. PATS submersible biasanya ditempatkan di dalam sumur atau air tanah.

Kelebihan Pompa Air Tenaga Surya Submersible

PATS submersible memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan pompa air konvensional. Berikut adalah kelebihannya:

  1. Ramah Lingkungan, karena tidak menggunakan bahan bakar fosil dan tidak menghasilkan emisi berbahaya yang dapat merusak lingkungan.
  2. Hemat Biaya, karena tidak memerlukan biaya operasional yang tinggi karena hanya menggunakan energi surya yang gratis.
  3. Mudah Dipindahkan, karena sangat mudah dipindahkan ke lokasi yang sulit dijangkau oleh jaringan listrik konvensional.
  4. Tidak Memerlukan Pemeliharaan Rutin, karena tidak memerlukan pemeliharaan rutin seperti pompa air konvensional.
  5. Bekerja di Lokasi Terpencil, dapat bekerja di lokasi yang terpencil dan sulit dijangkau oleh jaringan listrik konvensional.
  6. Hidup Lebih Lama, karena memiliki umur lebih panjang dibandingkan dengan pompa air konvensional karena tidak memerlukan perawatan yang intensif dan tidak memiliki komponen yang mudah rusak.

Kelemahan PATS Submersible

Berikut adalah beberapa kelemahan PATS submersible:

  1. Terbatas pada Cuaca Cerah, hanya dapat bekerja ketika cuaca cerah dan matahari bersinar terang. 
  2. Biaya Awal yang Mahal, memiliki biaya awal yang mahal dibandingkan dengan pompa air konvensional.
  3. Tergantung pada Panel Surya, jika solar panel rusak atau tidak berfungsi, PATS submersible tidak dapat menghasilkan energi listrik yang dibutuhkan.
  4. Membutuhkan Perawatan yang Intensif, membutuhkan perawatan yang intensif dan rutin untuk menjaga agar komponen-komponennya tidak rusak.

Penutup

Pompa air tenaga surya submersible adalah sebuah inovasi terbaru dalam teknologi pompa air yang menggunakan energi matahari sebagai sumber daya utama. Mari miliki PATS submersible di rumah atau lahan Anda untuk memenuhi kebutuhan air dengan jasa pemasangan Atonergi

By: Yee Atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979

Instagram: @atonergi
Project: @atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha − 4 = 1