PJU TS dan Dampaknya pada Lingkungan yang Aman

PJU TS dan Dampaknya pada Lingkungan yang Aman

PJU TS dan Dampaknya pada Lingkungan yang Aman
sumber: pixabay

PJU TS (Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya) adalah sistem pencahayaan jalan umum yang menggunakan energi matahari sebagai sumber dayanya. PJU TS memberikan banyak manfaat bagi lingkungan dan keamanan di malam hari. 

Namun, seperti halnya dengan setiap teknologi, PJU TS juga memiliki dampak pada lingkungan. Artikel ini akan membahas tentang PJU TS dan dampaknya pada lingkungan yang aman.

Apa itu PJU TS?

PJU TS adalah sistem pencahayaan jalan umum yang menggunakan energi matahari sebagai sumber daya. Sistem ini sangat ramah lingkungan karena tidak menghasilkan emisi gas rumah kaca dan tidak memerlukan bahan bakar fosil. PJU TS juga memiliki biaya operasional yang lebih rendah dibandingkan dengan lampu jalan biasa karena tidak memerlukan biaya listrik yang besar.

Bagaimana PJU TS Bekerja?

PJU TS terdiri dari panel surya, baterai, dan lampu LED. Panel surya mengumpulkan energi matahari dan mengubahnya menjadi listrik. Listrik kemudian disimpan di dalam baterai dan digunakan untuk menyalakan lampu LED pada malam hari. PJU TS dapat beroperasi selama 8-10 jam setiap malam dengan baterai yang sudah terisi penuh.

Apa Manfaat dari PJU TS?

PJU TS memberikan banyak manfaat bagi lingkungan dan keamanan di malam hari. Beberapa manfaat dari PJU TS adalah:

1. Menghemat Biaya

PJU TS tidak memerlukan biaya listrik yang besar karena menggunakan energi matahari sebagai sumber dayanya. Hal ini membuat biaya operasional PJU TS lebih rendah dibandingkan dengan lampu jalan biasa.

2. Ramah Lingkungan

PJU TS tidak menghasilkan emisi gas rumah kaca dan tidak memerlukan bahan bakar fosil. Hal ini membuat PJU TS menjadi sistem pencahayaan yang sangat ramah lingkungan.

3. Meningkatkan Keamanan di Malam Hari

PJU TS memberikan pencahayaan yang cukup pada malam hari sehingga memudahkan pengguna jalan untuk melihat jalanan dengan jelas. Hal ini meningkatkan keamanan pengguna jalan di malam hari.

4. Mengurangi Ketergantungan pada Listrik PLN

PJU TS dapat dioperasikan tanpa menggunakan listrik PLN. Hal ini membuat daerah-daerah yang sulit dijangkau oleh listrik PLN bisa tetap terang pada malam hari.

Bagaimana PJU TS Berdampak pada Lingkungan?

PJU TS memiliki dampak positif pada lingkungan Namun, seperti halnya dengan setiap teknologi, PJU TS juga memiliki dampak negatif pada lingkungan. Dampak negatif tersebut terutama disebabkan oleh penggunaan baterai pada sistem PJU TS.

Apa Saja Dampak Negatif PJU TS pada Lingkungan?

1. Penggunaan Baterai

PJU TS menggunakan baterai untuk menyimpan energi yang dihasilkan oleh panel surya. Baterai yang digunakan pada sistem PJU TS biasanya merupakan jenis baterai lead-acid atau lithium-ion. Penggunaan baterai ini dapat berdampak negatif pada lingkungan karena baterai mengandung bahan kimia yang berbahaya.

2. Penggantian Baterai

Setelah beberapa tahun digunakan, baterai pada sistem PJU TS perlu diganti. Penggantian baterai yang tidak tepat dapat berdampak negatif pada lingkungan karena baterai yang sudah digunakan biasanya dibuang di tempat pembuangan akhir.

3. Penggunaan Material

Pembuatan sistem PJU TS juga memerlukan penggunaan material seperti aluminium dan besi yang dapat berdampak negatif pada lingkungan jika tidak didaur ulang dengan benar.

4. Penggunaan Lampu LED

Meskipun lampu LED pada PJU TS lebih hemat energi dibandingkan dengan lampu jalan biasa, lampu LED pada PJU TS masih mengandung bahan kimia seperti timah dan merkuri yang berbahaya bagi lingkungan.

Bagaimana Cara Mengurangi Dampak Negatif PJU TS pada Lingkungan?

1. Penggunaan Baterai yang Tepat

Pilihlah jenis baterai yang ramah lingkungan seperti baterai lithium-ion yang dapat didaur ulang dan memiliki umur pakai yang lebih lama dibandingkan dengan jenis baterai lainnya.

2. Penggantian Baterai yang Tepat

Pastikan penggantian baterai dilakukan oleh ahli yang terampil dan menggunakan baterai yang tepat agar baterai yang sudah tidak terpakai dapat didaur ulang dengan benar.

3. Daur Ulang Material

Material seperti aluminium dan besi yang digunakan pada sistem PJU TS dapat didaur ulang agar tidak merusak lingkungan.

4. Penggunaan Lampu LED yang Ramah Lingkungan

Pilihlah lampu LED yang ramah lingkungan seperti lampu LED yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya seperti timah dan merkuri.

Penutup

PJU TS adalah teknologi yang ramah lingkungan dan memberikan banyak manfaat seperti menghemat biaya, meningkatkan keamanan di malam hari, dan mengurangi ketergantungan pada listrik PLN. Namun, seperti halnya dengan setiap teknologi, PJU TS dan dampaknya negatif pada lingkungan terutama disebabkan oleh penggunaan baterai pada sistem PJU TS. Oleh karena itu, diperlukan penggunaan baterai yang tepat, penggantian baterai yang tepat, daur ulang material, dan penggunaan lampu LED yang ramah lingkungan untuk mengurangi dampak negatif PJU TS pada lingkungan. Jika anda ingin memasang PJU TS, Hubungi Teknisi Atonergi Jasa pasang PJU TS terpercaya dan terbaik.

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979
Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Penulis: Tiger

Penyunting: Alpaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha − 2 = 5