Pilih Mana yang Lebih Baik: Pompa Air Tenaga Surya atau Listrik?

pompa air tenaga surya atau listrik
Sumber: canva

Apakah Anda sedang mencari pompa air untuk rumah atau pertanian Anda? Jika ya, Anda mungkin bertanya-tanya, apakah lebih baik memilih pompa air tenaga surya atau listrik? Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan memilih yang tepat bisa menjadi keputusan yang sulit.

Apa itu Pompa Air Tenaga Surya?

PATS menggunakan panel surya untuk mengubah energi matahari menjadi energi listrik yang digunakan untuk menggerakkan pompa air.

Apa itu Pompa Air Listrik?

Pompa air listrik, di sisi lain, menggunakan listrik grid atau baterai untuk menggerakkan pompa air. Kebanyakan pompa air listrik yang digunakan di rumah-rumah dan pertanian ditenagai oleh listrik grid, yang artinya mereka bergantung pada pasokan listrik dari penyedia listrik setempat.

Kelebihan Pompa Air Tenaga Surya

Berikut ini adalah kelebihan dari penggunaan PATS:

1. Lebih Murah dalam Jangka Panjang

PATS lebih murah dalam jangka panjang dibandingkan dengan PATL. Meskipun biaya awal untuk instalasi PATS mungkin lebih tinggi, biaya operasionalnya sangat rendah.

2. Ramah Lingkungan

PATS ramah lingkungan karena tidak menghasilkan emisi gas rumah kaca dan tidak menghasilkan limbah yang berbahaya. Panel surya membutuhkan bahan baku yang sedikit dan dapat didaur ulang. 

3. Mudah Dalam Perawatan

PATS mudah dalam perawatan karena tidak memiliki bagian yang bergerak. PATL, di sisi lain, memiliki motor yang rentan terhadap aus dan rusak.

Kelebihan Pompa Air Listrik

Berikut ini adalah kelebihan dari penggunaan PATL:

1. Lebih Mudah Dalam Pemasangan

PATL lebih mudah dipasang daripada PATS. Anda hanya perlu menghubungkan kabel listrik ke sumber daya, dan pompa air siap digunakan. 

2. Cocok untuk Area dengan Ketersediaan Matahari Rendah

PATL, di sisi lain, dapat digunakan di mana saja, terlepas dari kondisi cuaca atau ketersediaan sinar matahari.

3. Lebih Mudah Diganti

Jika ada kerusakan pada motor PATL, Anda dapat dengan mudah menggantinya dengan motor yang baru. 

Pilih Mana yang Lebih Baik: Pompa Air Tenaga Surya atau Listrik?

Ketika memilih antara PATS atau PATL ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan. Salah satu faktor terbesar adalah lokasi. Jika lokasi Anda memiliki ketersediaan sinar matahari yang baik dan Anda ingin menghemat biaya operasional dalam jangka panjang, maka PATS mungkin menjadi pilihan yang tepat. 

Namun, jika Anda membutuhkan pasokan air yang andal dan mudah diganti jika terjadi kerusakan, maka PATL mungkin menjadi pilihan yang lebih baik.

Namun, pada akhirnya, keputusan harus dibuat berdasarkan kebutuhan spesifik Anda. 

Penutup

Ketika memilih antara pompa air tenaga surya atau listrik, ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan, termasuk lokasi, biaya instalasi dan operasional, keandalan, ketersediaan sumber daya, dan kebutuhan pasokan air. PATS mungkin menjadi pilihan yang tepat untuk daerah dengan ketersediaan sinar matahari yang baik.

By: Yee Atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979

Instagram: @atonergi
Project: @atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 7 × = 63