harga mesin sibel air

Pilih Jenis Pompa Air Tanah Tenaga Surya Terbaik

Salah satu jenis pompa air yang populer dan ramah lingkungan adalah pompa air tenaga surya. Dengan energi matahari, pompa air tenaga surya dapat mengalirkan air tanah ke permukaan tanah. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara memilih jenis pompa air tanah terbaik.

Tips Memilih Jenis Pompa Air Tenaga Surya Terbaik untuk Air Tanah

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk memilih jenis pompa air tenaga surya terbaik untuk air tanah:

1. Ukuran dan Kedalaman Sumur

Ketika memilih jenis pompa air tenaga surya, perhatikan ukuran dan kedalaman sumur terlebih dahulu. Semakin dalam sumur, semakin besar kemampuan pompa yang diperlukan untuk mengekstraksi air dari dalam tanah. 

2. Kapasitas Pompa

Mengetahui kapasitas pompa air tenaga surya juga menjadi faktor penting dalam memilih jenis pompa yang tepat. Kapasitas ini diukur dalam liter per menit (LPM) dan harus sesuai dengan kebutuhan air yang diinginkan. Perhatikan juga kapasitas pompa saat beroperasi dalam kondisi cuaca buruk atau di musim kemarau.

Jenis Pompa Air Tanah Tenaga Surya

Terdapat dua jenis pompa air tenaga surya yang umum digunakan, yaitu:

1. Submersible Solar Pump

Jenis pompa air tenaga surya pertama adalah submersible solar pump. Pompa ini dipasang di dalam sumur dan dapat mengeluarkan air dari kedalaman yang lebih dalam. Submersible solar pump terdiri dari dua jenis, yaitu:

  1. DC Submersible Solar Pump: Pompa ini menggunakan daya dari panel surya untuk menggerakkan motor DC. DC Submersible Solar Pump cocok digunakan pada kedalaman sumur yang dalam.
  2. AC Submersible Solar Pump: Pompa ini menggunakan inverter untuk mengubah daya DC dari panel surya menjadi AC yang dapat menggerakkan motor pompa. AC Submersible Solar Pump lebih efisien daripada DC Submersible Solar Pump dalam mengalirkan air.

2. Surface Solar Pump

Jenis pompa air tenaga surya kedua adalah surface solar pump. Pompa ini dipasang di permukaan tanah dan lebih cocok digunakan untuk sumur dangkal. Surface solar pump terdiri dari dua jenis, yaitu:

  1. DC Surface Solar Pump: Pompa ini menggunakan daya dari panel surya untuk menggerakkan motor DC. DC Surface Solar Pump cocok digunakan untuk kebutuhan air yang kecil atau sedang.
  2. AC Surface Solar Pump: Pompa ini menggunakan inverter untuk mengubah daya DC dari panel surya menjadi AC yang dapat menggerakkan motor pompa. AC Surface Solar Pump lebih efisien daripada DC Surface Solar Pump dalam mengalirkan air.

Penutup

Bagaimana memilih jenis water pump tenaga surya terbaik untuk air tanah? Baca artikel ini untuk panduan lengkapnya! Atonergi, solusi terbaik untuk pompa air tanah Anda!

By: Bee Atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979

Instagram: @atonergi
Project: @atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha × 6 = 24