Periksa dan Ganti Komponen PJU-TS

Salah satu aspek penting dari pemeliharaan ini adalah pemeriksaan dan penggantian komponen PJU-TS. Artikel ini akan membahas secara rinci tentang pentingnya periksa dan ganti komponen PJU-TS serta menjawab beberapa pertanyaan umum seputar topik ini.

Periksa dan Ganti Komponen PJU-TS

Dalam pemeliharaan rutin, berikut adalah beberapa komponen PJU-TS yang perlu diperiksa dan diganti secara berkala:

1. Lampu Penerangan

Lampu penerangan adalah komponen inti dalam PJU-TS. Pastikan lampu-lampu ini berfungsi dengan baik, menghasilkan cahaya yang cukup terang, dan tidak ada yang mati. Periksa secara berkala dan gantilah lampu yang rusak atau redup untuk memastikan tingkat penerangan jalan tetap optimal.

2. Ballast dan Ignitor

Ballast dan ignitor adalah komponen yang bertanggung jawab untuk menyalakan lampu dengan aman dan konsisten. Periksa ballast dan ignitor secara rutin untuk memastikan mereka berfungsi dengan baik. 

Gantilah komponen yang rusak atau mengalami kegagalan untuk mencegah kemungkinan matinya lampu atau penurunan kualitas pencahayaan.

3. Reflektor

Reflektor bertugas memantulkan cahaya lampu sehingga menciptakan distribusi pencahayaan yang merata. 

Periksa reflektor secara teratur untuk memastikan tidak ada kerusakan atau keretakan yang dapat mengurangi efisiensi pencahayaan. Gantilah reflektor yang rusak untuk memastikan pencahayaan yang optimal di seluruh jalan.

4. Kabel dan Sambungan

Kabel dan sambungan yang buruk dapat menyebabkan gangguan pada aliran listrik ke lampu jalan. Periksa kabel dan sambungan secara berkala untuk memastikan tidak ada kabel yang putus, sambungan yang longgar, atau kerusakan lainnya. 

5. Timer dan Kontroler

Timer dan kontroler adalah komponen yang mengatur waktu dan pola pencahayaan lampu jalan. Pastikan timer dan kontroler berfungsi dengan baik dan telah diatur dengan benar sesuai dengan kebutuhan. Periksa secara teratur untuk memastikan tidak ada masalah dalam pengaturan waktu atau pengendalian pencahayaan.

6. Sensor Gerak

Sensor gerak adalah komponen yang mendeteksi kehadiran kendaraan atau pejalan kaki di sekitar lampu jalan. Hal ini memungkinkan pengaturan pencahayaan yang cerdas dan hemat energi. Periksa sensor gerak secara berkala untuk memastikan sensitivitas dan responsivitas yang optimal. Gantilah jika diperlukan.

7. Tiang Penyangga

Tiang penyangga adalah struktur yang menopang lampu jalan. Periksa tiang penyangga secara teratur untuk memastikan kekokohan dan kestabilan mereka. 

Perhatikan tanda-tanda korosi, retakan, atau kerusakan lainnya. Gantilah tiang penyangga yang rusak atau tidak aman untuk mencegah kemungkinan kecelakaan atau kerusakan lebih lanjut.

8. Panel Surya dan Baterai

Untuk lampu jalan yang menggunakan energi surya, panel surya dan baterai adalah komponen penting. Periksa panel surya dan baterai secara teratur untuk memastikan kebersihan, kinerja, dan daya tahan. Pastikan panel surya menerima paparan sinar matahari yang cukup dan baterai memiliki kapasitas yang memadai.

Penutup

Periksa dan ganti komponen PJU-TS dengan Atonergi, ahli dalam pemeliharaan PJU-TS. Hubungi kami sekarang!

By: Bee Atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979
Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha − 3 = 2