Perhitungan Panel Surya: Biaya dan Jumlah Panel yang Dibutuhkan 

Sumber: canva

Semakin meningkatnya kebutuhan energi dan berkurangnya sumber daya fosil, maka energi terbarukan seperti energi surya menjadi solusi alternatif. Salah satu cara paling efektif untuk memanfaatkan energi surya adalah dengan menggunakan solar panel. Dalam artikel ini, akan membahas perhitungan panel surya.

Perhitungan Panel Surya: Hitung Biaya dan Jumlah Panel yang Dibutuhkan

Berikut adalah perhitungan solar panel, biaya dan jumlah panel yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan energi rumah tangga di Indonesia.

1. Hitung kebutuhan energi

Langkah pertama dalam perhitungan solar panel adalah menghitung kebutuhan energi rumah tangga. Berikut adalah rumus sederhana untuk menghitung kebutuhan energi:

  • Kebutuhan energi = daya x waktu x 30 hari
  • Daya: daya rata-rata peralatan listrik dalam watt
  • Waktu: waktu penggunaan peralatan listrik dalam jam per hari

2. Hitung ukuran solar panel yang dibutuhkan

Setelah menghitung kebutuhan energi, langkah berikutnya adalah menghitung ukuran solar panel yang dibutuhkan. Ukuran solar panel ditentukan oleh kapasitas daya yang dihasilkan oleh solar panel dan lokasi penggunaannya.

  • Kapasitas daya: Kapasitas daya solar panel diukur dalam watt peak (Wp). Wp adalah kapasitas daya maksimum yang dihasilkan oleh solar panel pada kondisi optimal. Kondisi optimal terdiri dari sinar matahari yang intens dan arah datangnya sinar matahari tepat pada solar panel.
  • Lokasi penggunaan: Lokasi penggunaan solar panel juga mempengaruhi ukuran solar panel yang dibutuhkan. Lokasi penggunaan akan menentukan jumlah sinar matahari yang diterima dan kemampuan solar panel untuk menangkap sinar matahari.

3. Hitung biaya instalasi solar panel

Biaya instalasi solar panel cukup mahal, namun dalam jangka panjang, biaya energi listrik akan lebih murah. Biaya instalasi solar panel tergantung pada ukuran solar panel yang dipilih, lokasi instalasi, dan jenis solar panel yang digunakan.

  • Harga solar panel: Harga solar panel tergantung pada kapasitas daya dan merek solar panel.
  • Biaya instalasi: Biaya instalasi solar panel meliputi biaya instalasi solar panel, kabel, inverter, dan biaya tambahan lainnya.

4. Hitung penghematan biaya energi listrik

Setelah memasang, penghematan biaya energi listrik dapat dihitung dengan cara mengurangi tagihan listrik sebelum dan sesudah memasang solar panel. Penghematan biaya listrik dapat berbeda-beda tergantung pada kebutuhan energi dan ukuran solar panel yang digunakan.

Penutup

Perhitungan panel surya untuk menghitung biaya dan jumlah panel yang dibutuhkan merupakan hal penting dalam memasang solar panel pada rumah. Meskipun biaya instalasi solar panel relatif mahal, penggunaannya memberikan keuntungan dalam jangka panjang. Gunakan jasa instalasi Atonergi!

by : yee atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979

Instagram: @atonergi
Project: @atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 49 − = 39