Panduan Lengkap tentang Berbagai Jenis Panel Surya

Perhitungan Kebutuhan Solar Cell 900 Watt

Perhitungan Kebutuhan Solar Cell 900 Watt
Sumber : Freepik

Dalam memanfaatkan energi matahari sebagai sumber listrik, perhitungan kebutuhan solar cell 900 watt menjadi langkah penting untuk menentukan kapasitas yang sesuai dengan kebutuhan energi harian. Melalui perhitungan yang akurat, kita dapat mengestimasi jumlah panel surya yang dibutuhkan untuk menghasilkan daya listrik yang memadai dan efisien. 

Dalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah perhitungan yang tepat untuk memilih solar cell dengan kapasitas 900 watt yang sesuai dengan kebutuhan energi rumah atau proyek lainnya. Untuk melakukan perhitungan kebutuhan solar cell 900 watt, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan:

Konsumsi Energi Harian 

Pertama, tentukan total konsumsi energi harian Anda dalam kilowatt-hour (kWh). Ini mencakup penggunaan semua peralatan listrik di rumah Anda seperti lampu, kulkas, AC, komputer, televisi, dll. Anda dapat melihat pada tagihan listrik bulanan Anda untuk mendapatkan perkiraan konsumsi rata-rata harian.

Efisiensi Panel Surya

Panel surya memiliki efisiensi tertentu dalam mengubah sinar matahari menjadi listrik. Misalnya, jika panel surya memiliki efisiensi 15%, maka 15% dari energi matahari yang jatuh ke panel akan diubah menjadi listrik, sedangkan sisanya hilang sebagai panas. Hitung total kebutuhan energi harian Anda dengan membagi konsumsi harian dalam kWh dengan efisiensi panel surya.

Contoh Kasus

Jika total konsumsi energi harian Anda adalah 10 kWh dan efisiensi panel surya adalah 15%, maka perhitungannya adalah:

Kebutuhan energi harian / Efisiensi panel surya = Total kapasitas panel surya yang dibutuhkan

10 kWh / 0,15 = 66,67 kWh

Pembulatan dan Faktor Kehilangan: Perlu diingat bahwa hasil perhitungan di atas adalah perkiraan dan bisa dibulatkan ke atas untuk mengantisipasi faktor-faktor kehilangan energi, seperti kehilangan karena kabel, inverter, atau kotoran pada panel surya. Jadi, untuk kasus di atas, kita dapat membulatkan kapasitas panel surya yang dibutuhkan menjadi 70 kWh atau bahkan lebih untuk mengakomodasi faktor-faktor ini.

Dengan demikian, untuk memenuhi kebutuhan listrik harian sebesar 10 kWh dengan panel surya berefisiensi 15%, Anda memerlukan setidaknya panel surya dengan total kapasitas sekitar 70 kWh atau lebih. Pastikan juga untuk mempertimbangkan faktor-faktor lain seperti lokasi, orientasi panel, dan intensitas sinar matahari setempat untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat dalam memilih jumlah dan jenis panel surya yang tepat untuk kebutuhan Anda. 

Penutup

Setelah melihat perhitungan solar cell 900 watt di atas. Anda pasti sudah memiliki gambaran, seperti apa pompa air tenaga surya yang akan anda beli dan pergunakan nantinya. Namun jika anda masih bingung, tidak perlu cemas, karena Atonergi sebagai perusahaan distribusi dan jasa pemasangan panel surya siap dalam memenuhi keinginan anda untuk mendapatkan manfaat dari panel surya yang terbaik. Segera kunjungi website kami di www.atonergi.com atau kontak sales dan media sosial kami di bawah ini untuk konsultasi lebih lanjut.

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

Minato: 0812-3460-5879
Denis: 0813-5735-0979
Karina: 0811-328-7979

Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi
Tiktok: Atonergi
Tokopedia: Atonergi
Shopee: Atonergi

Penulis : Hedgehog

Penyunting : Alpaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 1 × = 1