Panel Surya vs Listrik PLN: Manakah yang Lebih Baik?

Perhitungan Biaya Instalasi PLTS Off-Grid

Perhitungan Biaya Instalasi PLTS Off-Grid
Sumber : Dokumen Atonergi

Pentingnya Merencanakan Biaya Instalasi PLTS Off-Grid

Pemasangan sistem pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) off-grid adalah langkah besar menuju kemandirian energi. Namun, sebelum memulai, penting untuk memahami secara menyeluruh berapa biaya yang terlibat dalam instalasi PLTS off-grid. Dalam artikel ini, kita akan merinci perhitungan biaya yang perlu dipertimbangkan.

1. Biaya Panel Surya

Panel surya adalah komponen inti dalam sistem PLTS off-grid. Biaya panel surya bisa bervariasi tergantung pada merek, ukuran, dan efisiensi panel. Jika Anda ingin menghasilkan lebih banyak energi, Anda mungkin perlu menginvestasikan lebih banyak dalam panel surya berkualitas tinggi.

2. Biaya Baterai Penyimpanan

Baterai penyimpanan diperlukan untuk menyimpan energi yang dihasilkan oleh panel surya untuk digunakan saat matahari tidak bersinar. Biaya baterai dapat menjadi bagian signifikan dari anggaran instalasi Anda.

3. Biaya Inverter

Inverter mengubah energi yang dihasilkan oleh panel surya menjadi listrik yang dapat digunakan di rumah Anda. Biaya inverter dapat bervariasi tergantung pada jenis dan kapasitasnya.

4. Biaya Struktur dan Pemasangan

Anda perlu merencanakan biaya struktur pendukung untuk panel surya dan biaya pemasangan sistem. Ini mencakup penempatan panel surya di atap atau struktur darat, serta pengkabelan dan peralatan lainnya.

5. Biaya Perizinan dan Izin

Di beberapa wilayah, Anda mungkin perlu membayar biaya perizinan dan izin untuk memasang PLTS off-grid. Pastikan untuk memeriksa regulasi setempat terkait instalasi PLTS.

Mengapa Investasi Ini Penting

1. Kemandirian Energi

PLTS off-grid memberikan kemandirian energi yang berarti Anda tidak bergantung pada pasokan listrik dari jaringan umum. Ini sangat penting dalam situasi darurat atau di daerah yang sulit dijangkau oleh jaringan listrik konvensional.

2. Penghematan Jangka Panjang

Meskipun biaya instalasi awal bisa tinggi, PLTS off-grid dapat menghasilkan penghematan signifikan dalam jangka panjang karena Anda tidak lagi harus membayar tagihan listrik bulanan.

3. Lingkungan yang Bersih

Menggunakan energi matahari sebagai sumber daya listrik berarti Anda berkontribusi pada pelestarian lingkungan dengan mengurangi emisi karbon.

Kesimpulan

Mengkalkulasi biaya instalasi PLTS off-grid adalah langkah awal yang penting sebelum memutuskan untuk mengadopsi sistem ini. Dengan pemahaman yang baik tentang biaya dan manfaatnya, Anda dapat membuat keputusan yang informasional dan berkelanjutan dalam upaya menuju kemandirian energi yang lebih besar. Jika Anda ingin ikut merasakan manfaat panel surya. Tidak perlu cemas, karena Atonergi sebagai perusahaan distribusi dan jasa pemasangan energi surya siap dalam memenuhi keinginan anda untuk mendapatkan manfaat dari energi surya yang terbaik. Segera kunjungi website kami di www.atonergi.com atau kontak sales dan media sosial kami di bawah ini untuk konsultasi lebih lanjut.

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

Minato: 0812-3460-5879
Denis: 0813-5735-0979
Karina: 0811-328-7979

Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi
Tiktok: Atonergi
Tokopedia: Atonergi
Shopee: Atonergi

Penulis : Hedgehog

Penyunting : Alpaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 4 × = 16