Pengertian dan Cara Kerja Pompa Air Tenaga Surya Mini

Pompa air tenaga surya mini merupakan teknologi hemat energi yang menggunakan energi matahari untuk memompa air. Dalam artikel ini, kita akan membahas apa itu PATS mini dan bagaimana cara kerjanya.

Apa Itu Pompa Air Tenaga Surya Mini?

PATS mini adalah pompa air yang menggunakan energi matahari sebagai sumber dayanya. Pompa ini biasanya terdiri dari panel surya dan pompa air. Panel surya digunakan untuk menangkap energi matahari dan mengubahnya menjadi energi listrik. 

PATS mini tersedia dalam berbagai ukuran dan jenis, tergantung pada kebutuhan pengguna. Beberapa jenis PATS mini yang umum digunakan antara lain:

  1. PATS mini permukaan: digunakan untuk memompa air dari sumber air permukaan, seperti sumur dangkal, sungai, dan kolam.
  2. PATS mini sumur dalam: digunakan untuk memompa air dari sumber air dalam, seperti sumur dalam dan sumur bor.
  3. PATS mini irigasi: digunakan untuk memompa air untuk irigasi pertanian atau kebutuhan industri.

Bagaimana Cara Kerjanya?

PATS mini bekerja dengan mengubah energi matahari menjadi energi listrik yang disimpan di baterai. Energi listrik tersebut kemudian digunakan untuk menggerakkan pompa air. Berikut adalah langkah-langkah kerja PATS mini:

  1. Panel surya menangkap energi matahari dan mengubahnya menjadi energi listrik.
  2. Energi listrik disimpan di baterai.
  3. Ketika pompa air dihidupkan, energi listrik dari baterai digunakan untuk menggerakkan pompa air.
  4. Pompa air memompa air dari sumber air dan mengalirkannya ke tempat yang diinginkan.

Kelebihan Pompa Air Tenaga Surya Mini

PATS mini memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan pompa air konvensional yang menggunakan listrik PLN. Beberapa kelebihan tersebut antara lain:

  1. Hemat energi: PATS mini menggunakan energi matahari yang tidak terbatas dan gratis. Dengan begitu, pengguna dapat menghemat biaya listrik dan mengurangi ketergantungan pada PLN.
  2. Ramah lingkungan: Penggunaan PATS mini tidak menghasilkan emisi gas rumah kaca atau limbah radioaktif seperti pada pembangkit listrik tenaga nuklir. Dengan begitu, pengguna dapat berkontribusi dalam menjaga kelestarian lingkungan.
  3. Mudah dipasang dan dipindahkan: PATS mini tidak memerlukan kabel listrik yang rumit dan tidak perlu dipasang oleh teknisi kelistrikan. Pengguna dapat memasang dan memindahkan PATS mini dengan mudah.

Penutup

Untuk solusi hemat energi dan ramah lingkungan, pilihlah pompa air tenaga surya mini dari Atonergi. Dapatkan PATS mini yang mudah dipasang dan dipindahkan untuk mengatasi krisis air Anda sekarang juga!

By: Bee Atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979

Instagram: @atonergi
Project: @atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha × 2 = 12