Pelajari Sistem Kerja Mesin Pompa Air Tenaga Surya

Sumber: canva

Penggunaan mesin pompa air konvensional bisa menjadi biaya yang cukup besar dan juga tidak ramah lingkungan karena menggunakan energi listrik dari PLN atau generator bensin. Oleh karena itu, penggunaan PATS bisa menjadi alternatif. Berikut adalah penjelasan mengenai sistem kerja mesin pompa air tenaga surya.

Bagaimana Sistem Kerja Mesin Pompa Air Tenaga Surya?

PATS terdiri dari beberapa komponen utama yaitu panel surya, inverter, kontroler, pompa air, dan tangki penyimpanan air. Berikut adalah penjelasan mengenai sistem kerja PATS:

1. Panel surya

Solar panel berfungsi sebagai penghasil energi listrik yang berasal dari sinar matahari. Solar panel terdiri dari beberapa sel surya yang terhubung secara seri dan paralel untuk menghasilkan tegangan dan arus yang cukup untuk menggerakkan pompa air.

2. Inverter

Mengubah tegangan DC (direct current) yang dihasilkan oleh panel surya menjadi tegangan AC (alternating current) yang bisa digunakan oleh pompa air ialah fungsi inverter. Inverter juga bisa mengatur kecepatan putaran pompa air agar sesuai dengan kebutuhan.

3. Kontroler

Untuk mengatur pengoperasian sistem pompa air tenaga surya, termasuk pengaturan kecepatan putaran pompa air, monitoring tegangan dan arus pada sistem, dan melindungi sistem dari kerusakan adalah fungsi kontroler.

4. Pompa air

Komponen yang paling penting pada sistem PATS karena berfungsi untuk menggerakkan air dari sumber air ke tangki penyimpanan air adalah pompa air. Pompa air yang digunakan pada sistem PATS biasanya adalah jenis pompa DC.

5. Tangki penyimpanan air

Untuk menyimpan air yang telah dipompa oleh pompa air adalah tangki penyimpanan. Tangki penyimpanan air biasanya memiliki kapasitas yang cukup besar agar bisa menyimpan air yang cukup untuk kebutuhan selama beberapa hari.

Tips Memilih Mesin Pompa Air Tenaga Surya

Untuk memilih PATS yang tepat, perlu memperhatikan beberapa hal sebagai berikut:

1. Daya pompa air

Pilihlah PATS yang memiliki daya sesuai dengan kebutuhan. Daya pompa air yang terlalu kecil tidak mampu memenuhi kebutuhan air, sedangkan daya pompa air yang terlalu besar akan menghabiskan energi dan biaya yang lebih besar.

2. Kualitas panel surya

Pastikan panel surya yang digunakan memiliki kualitas yang baik dan tahan lama. Pilihlah panel surya yang memiliki sertifikasi dan garansi dari produsen.

3. Keandalan kontroler

Kontroler yang baik dan handal akan memastikan pengoperasian mesin pompa air tenaga surya yang efisien dan aman. Pastikan kontroler yang digunakan memiliki fitur pengaturan kecepatan putaran pompa air yang sesuai dengan kebutuhan.

4. Kapasitas tangki penyimpanan air

Pilihlah tangki penyimpanan air yang memiliki kapasitas yang cukup besar agar dapat menyimpan air yang cukup untuk kebutuhan selama beberapa hari.

Penutup

PATS adalah solusi yang efisien, hemat biaya, dan ramah lingkungan untuk memenuhi kebutuhan air. Sistem kerja mesin pompa air tenaga surya menggunakan sumber energi yang terbarukan yaitu sinar matahari. Mari pasang PATS untuk di rumah Anda dengan jasa pemasangan Atonergi.

By: Yee Atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979

Instagram: @atonergi
Project: @atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 8 × 1 =