Pilih Jenis-Jenis Pompa Air Tenaga Surya yang Tepat

Panduan Penggunaan Pompa Air Tenaga Surya untuk Pertanian

Pompa air tenaga surya menghasilkan listrik dari sinar matahari, sehingga tidak memerlukan bahan bakar dan tidak menghasilkan emisi yang merugikan lingkungan. Dalam panduan ini, kami akan membahas cara penggunaan PATS untuk pertanian.

Persiapan Sebelum Memasang Pompa Air Tenaga Surya

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan:

1. Menentukan Kebutuhan Air

Anda perlu mengetahui berapa banyak air yang dibutuhkan untuk pertanian Anda. Hal ini penting untuk menentukan jenis dan ukuran pompa air yang dibutuhkan. Anda dapat menghitung kebutuhan air dengan mengukur luas lahan, jenis tanaman, dan kondisi iklim.

2. Memilih Lokasi yang Tepat

Lokasi PATS harus dipilih dengan baik. Pastikan lokasi yang dipilih mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup, terlindung dari pencurian, dan mudah diakses.

3. Menyiapkan Sistem Penyimpanan Air

PATS akan menghasilkan air dari sumber yang tersedia. Oleh karena itu, Anda perlu menyediakan sistem penyimpanan air seperti bak penampung atau sumur.

Memasang Pompa Air Tenaga Surya

Setelah persiapan selesai dilakukan, Anda dapat memasang PATS. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Memasang Panel Surya

Panel surya adalah sumber listrik utama dari PATS. Pastikan panel surya terpasang di tempat yang aman dan mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup. Hubungkan panel surya dengan kontroler pompa.

2. Memasang Kontroler Pompa

Kontroler pompa akan mengatur kinerja PATS sesuai kebutuhan air yang dibutuhkan. Hubungkan kontroler pompa dengan panel surya, pompa air, dan sistem penyimpanan air.

3. Memasang Pompa Air

PATS dapat dipasang di sumur atau sumber air lainnya. Pastikan pompa air terpasang dengan baik dan terhubung dengan sistem penyimpanan air.

Panduan Penggunaan Pompa Air Tenaga Surya untuk Pertanian

Setelah PATS terpasang, berikut adalah beberapa panduan penggunaannya:

1. Membersihkan Sistem Secara Rutin

Pastikan untuk membersihkan sistem PATS secara rutin, terutama pada bagian pompa dan filternya. Hal ini penting untuk menjaga kinerja optimal dan mencegah kerusakan pada sistem.

2. Memeriksa Tegangan dan Arus Listrik

Pastikan tegangan dan arus listrik yang diterima PATS sesuai dengan spesifikasi yang disarankan oleh produsen. Jangan terlalu membebani sistem dengan tegangan dan arus listrik yang terlalu tinggi, karena dapat merusak sistem pompa air.

3. Memperbaiki Kerusakan Segera

Jika terjadi kerusakan pada sistem PATS, segera perbaiki kerusakan tersebut agar tidak merusak sistem secara keseluruhan. Jangan mencoba memperbaiki sendiri jika tidak memiliki pengetahuan dan pengalaman yang cukup, sebaiknya memanggil teknisi yang terampil.

Penutup

Mulailah pertanian ramah lingkungan Anda dengan menggunakan pompa air tenaga surya dari Atonergi sekarang juga! Klik untuk informasi lebih lanjut!

By: Bee Atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979
Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 3 × = 24