Panduan Penggantian Panel Surya Lampu Jalan PJU-TS

Panduan Penggantian Panel Surya Lampu Jalan PJU-TS

Panduan Penggantian Panel Surya Lampu Jalan PJU-TS
sumber: canva

Apakah Anda mengalami kerusakan pada panel surya lampu jalan PJU-TS? Jika ya, Anda mungkin ingin menggantinya sendiri, tetapi tidak tahu bagaimana caranya. Jangan khawatir, dalam panduan ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara penggantian panel surya PJU-TS dengan mudah dan aman.

Kapan Harus Mengganti Panel Surya Lampu Jalan PJU-TS?

Panel surya lampu jalan PJU-TS biasanya tahan lama dan dapat bertahan selama lebih dari 10 tahun. Namun, terkadang, panel surya tersebut dapat mengalami kerusakan karena cuaca yang buruk atau faktor-faktor lainnya. Beberapa tanda kerusakan pada panel surya lampu jalan PJU-TS yang perlu diperhatikan adalah:

  • Lampu jalan tidak menyala pada malam hari meskipun baterai telah diisi ulang.
  • Panel surya tampak rusak atau pecah.
  • Tidak ada arus listrik yang dihasilkan oleh panel surya.

Jika Anda mengalami salah satu dari tanda-tanda tersebut, mungkin sudah saatnya untuk melakukan penggantian panel surya PJU-TS Anda.

Panduan Penggantian Panel Surya PJU-TS

Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk melakukan peggantian panel surya PJU-TS:

1. Matikan Listrik

Pastikan listrik dari panel surya dan baterai telah dimatikan sebelum memulai penggantian panel surya. Hal ini penting untuk mencegah risiko kejutan listrik.

2. Lepaskan Panel Surya Lama

Lepaskan panel surya lama dari lampu jalan dengan menggunakan screwdriver. Jangan lupa untuk melepas kabel penghubung panel surya dari kabel penghubung lampu jalan.

3. Periksa Kabel

Sebelum memasang panel surya yang baru, pastikan untuk memeriksa kondisi kabel penghubung. Pastikan tidak ada kerusakan atau sobek pada kabel. Jika ditemukan kerusakan, ganti kabel terlebih dahulu sebelum memasang panel surya yang baru.

4. Pasang Panel Surya Baru

Setelah memeriksa kabel, pasang panel surya yang baru dengan menghubungkan kabel penghubung panel surya ke kabel penghubung lampu jalan. Pastikan panel surya terpasang dengan kuat dan aman pada lampu jalan.

5. Periksa Arus Listrik

Setelah memasang panel surya yang baru, periksa arus listrik yang dihasilkan oleh panel surya menggunakan multimeter. Pastikan bahwa panel surya menghasilkan arus listrik yang cukup untuk menyalakan lampu jalan pada malam hari.

6. Nyalakan Listrik

Setelah memastikan bahwa panel surya menghasilkan arus listrik yang cukup, nyalakan kembali listrik pada panel surya dan baterai. Pastikan lampu jalan menyala dengan normal pada malam hari.

Penutup

Dengan memperbaiki panel surya yang rusak, Anda dapat memastikan lampu jalan PJU-TS tetap berfungsi dengan baik dan memberikan penerangan yang aman bagi masyarakat.

Jika Anda tidak yakin atau tidak merasa nyaman melakukan penggantian panel surya sendiri, Anda dapat menghubungi Atonergi untuk memperbaiki atau melakukan pemasangan PJU-TS dengan aman.

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979
Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Penulis: Tiger

Penyunting: Alpaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 58 + = 64