Panduan Membersihkan Pompa Submersible: Tips dan Trik Ahli untuk Merawat Pompa Air Anda

Sumber: Canva

Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan langkah demi langkah yang dibutuhkan untuk merawat dan membersihkan pompa air submersible Anda secara efisien dan efektif. Informasi berharga ini akan membantu Anda menjaga pompa air Anda berfungsi dengan baik dan tahan lama.

Tips Membersihkan Pompa Submersible

Di bagian ini, kami akan memberikan tips langkah demi langkah tentang cara membersihkan pompa submersible dengan benar. Ikuti panduan ini untuk menjaga pompa air Anda berfungsi dengan baik.

1. Matikan Listrik

Sebelum Anda melakukan perawatan atau membersihkan pompa submersible, pastikan untuk mematikan sumber listrik terlebih dahulu. Hal ini sangat penting untuk mencegah cedera dan kerusakan pada pompa.

2. Lepaskan Pompa dari Sumber Daya

Setelah mematikan listrik, lepaskan pompa dari sumber daya utama atau sistem pipa. Pastikan Anda memutuskan aliran air dan mematikan katup suplai sebelum melanjutkan dengan langkah berikutnya.

3. Bersihkan Pompa dengan Sikat Kecil

Gunakan sikat kecil atau kuas untuk membersihkan bagian luar pompa. Pastikan Anda menghilangkan kotoran atau kerak yang menempel pada permukaannya. Anda juga dapat menggunakan kain lembut yang dibasahi dengan air untuk membersihkannya.

4. Buka Tutup Pompa

Setelah membersihkan bagian luar, lanjutkan dengan membuka tutup pompa. Gunakan alat bantu yang sesuai, seperti kunci pas, untuk membuka tutup dengan hati-hati. Periksa apakah ada kotoran atau kerak yang terakumulasi di dalam.

5. Periksa Impeller dan Saringan

Impeller adalah bagian penting dari pompa submersible yang berfungsi untuk menggerakkan air. Periksa impeller dan pastikan tidak ada kotoran atau benda asing yang menghalangi putarannya. Bersihkan impeller dengan hati-hati menggunakan sikat kecil atau kuas.

Selain itu, periksa juga saringan pada pompa. Saringan bertugas menyaring kotoran atau partikel kecil yang dapat merusak pompa. Jika saringan tampak kotor, bersihkan dengan hati-hati menggunakan sikat atau kain bersih.

6. Bilas dengan Air Bersih

Setelah selesai membersihkan impeller dan saringan, bilas bagian dalam pompa dengan air bersih. Pastikan Anda membersihkan sisa-sisa sabun atau produk pembersih yang mungkin Anda gunakan.

Penutup

Merawat dan membersihkan pompa submersible secara teratur sangat penting untuk menjaga kinerjanya dan memperpanjang umur pakainya. Jika Anda memiliki keraguan atau masalah yang lebih kompleks, selalu disarankan untuk menghubungi Atonergi yang terpercaya.

By : Yee Atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

Minato: 0812-3460-5879
Denis: 0813-5735-0979
Tyas: 0821-4302-7979
Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi
Tiktok : @atonergi
Tokopedia : Atonergi
Shopee : Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 10 × 1 =