Panduan Lengkap tentang Perawatan Pompa Air Tenaga Surya untuk Pertanian

Panduan Lengkap tentang Perawatan Pompa Air Tenaga Surya untuk Pertanian

Panduan Lengkap tentang Perawatan Pompa Air Tenaga Surya untuk Pertanian
sumber: canva

Apakah Anda memiliki pompa air tenaga surya untuk kebutuhan pertanian? Jika iya, maka Anda tentu memerlukan panduan lengkap tentang perawatan pompa air tenaga surya untuk pertanian. 

Meskipun pompa air tenaga surya lebih tahan lama daripada pompa air listrik, perawatan yang tepat tetap diperlukan agar pompa air tersebut bisa bekerja dengan baik selama bertahun-tahun.

Mengapa Perawatan Pompa Air Tenaga Surya Penting?

Seperti halnya alat lainnya, pompa air tenaga surya juga membutuhkan perawatan yang tepat untuk menjaga kinerjanya tetap optimal. Beberapa alasan mengapa perawatan pompa air tenaga surya penting antara lain:

  • Menjaga Pompa Air Tenaga Surya Agar Tidak Rusak
  • Meningkatkan Umur Pakai Pompa Air Tenaga Surya
  • Mengurangi Biaya Perbaikan dan Penggantian

Cara Merawat Pompa Air Tenaga Surya

Berikut adalah beberapa tips perawatan pompa air tenaga surya yang dapat Anda lakukan:

1. Periksa Panel Surya Secara Berkala

Panel surya adalah salah satu komponen penting dalam pompa air tenaga surya. Pastikan panel surya tidak terkena debu atau kotoran yang bisa mempengaruhi kinerjanya. Bersihkan panel surya secara berkala untuk menjaga daya serapnya tetap optimal.

2. Bersihkan Filter

Pompa air tenaga surya memiliki filter yang berfungsi untuk menyaring kotoran dan benda asing lainnya agar tidak masuk ke dalam pompa. Filter yang kotor dapat mempengaruhi kinerja pompa air tenaga surya. Bersihkan filter secara berkala untuk menjaga kinerja pompa air tetap optimal.

3. Periksa Kabel dan Terminal

Pastikan kabel dan terminal pada pompa air tenaga surya tidak kendor atau rusak. Kabel yang kendor atau rusak dapat mempengaruhi kinerja pompa air. Periksa kabel dan terminal secara berkala dan pastikan semuanya dalam kondisi yang baik.

4. Jaga Level Air

Pastikan level air di dalam sumur atau sungai tidak menurun terlalu banyak. Jika level air terlalu rendah, maka pompa air tenaga surya akan bekerja lebih keras dan bisa cepat rusak. Jaga level air dengan memperhatikan musim dan curah hujan.

5. Jaga Suhu Pompa Air Tenaga Surya

Pompa air tenaga surya perlu ditempatkan di tempat yang terlindung dari sinar matahari langsung. Jika suhu pompa air terlalu tinggi, maka komponen pompa bisa cepat rusak. Pastikan pompa air tenaga surya ditempatkan di tempat yang sejuk dan terlindungi.

6. Periksa Komponen Penting Lainnya

Selain panel surya, filter, kabel, dan terminal, ada beberapa komponen penting lainnya pada pompa air tenaga surya yang perlu diperiksa secara berkala yaitu Pressure Switch, Inverter, dan Motor.

Penutup

Dengan menggunakan pompa air tenaga surya untuk pertanian, kita dapat menghemat biaya operasional dan meningkatkan produktivitas pertanian dengan mengairi lahan secara efektif dan efisien. Selain itu, penggunaan pompa air tenaga surya juga ramah lingkungan dan tidak meninggalkan jejak karbon.

Jika Anda masih kesulitas untuk melakukan perawatan PATS , hubungi Atonergi dan dapatkan perawatan pompa yang efektif dan efesien.

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979
Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Penulis: Tiger

Penyunting: Alpaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha + 42 = 46