Panduan Lengkap Memahami PLTS Atap di Tulungagung

sumber: dokumen Atonergi

Artikel ini akan memperkenalkan Anda pada sistem PLTS atap yang merupakan salah satu cara paling inovatif untuk memanfaatkan sumber daya energi matahari secara ramah lingkungan. Selain itu, juga akan memahami PLTS atap di Tulungagung.

Memahami PLTS Atap di Tulungagung: Bagaimana PLTS Atap Bekerja?

PLTS atap bekerja dengan cara yang sederhana namun efisien. Ketika sinar matahari mengenai panel surya fotovoltaik, foton dari sinar matahari akan mengenai sel-sel fotovoltaik dan menyebabkan terlepasnya elektron. Proses ini menghasilkan arus listrik yang kemudian dikumpulkan dan disalurkan ke dalam sistem kelistrikan.

Inverter berfungsi mengubah arus searah (DC) menjadi arus bolak-balik (AC), sehingga listrik yang dihasilkan oleh PLTS atap dapat digunakan secara langsung oleh peralatan rumah tangga atau gedung. 

Memahami PLTS Atap di Tulungagung: Keuntungan Memasang

Berikut ini adalah keuntungan dari PLTS atap.

1. Ramah Lingkungan: PLTS atap tidak menghasilkan emisi gas rumah kaca atau polutan lainnya. Dengan memanfaatkan energi matahari yang melimpah di Tulungagung, penggunaan PLTS atap membantu mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan dan membantu dalam upaya pencegahan perubahan iklim.

Baca juga artikel kami mengenai Cari Spesialis Pasang PLTS Terbaik di Kediri: Solusi Energi Hijau untuk Masa Depan 

2. Hemat Energi: Dengan menggunakan sumber daya alam yang terbarukan, PLTS atap membantu menghemat penggunaan energi fosil yang tidak terbarukan. Hal ini dapat membantu mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil dan mengurangi risiko krisis energi di masa depan.

3. Penghematan Biaya Listrik: PLTS atap memungkinkan pengguna untuk menghasilkan listrik sendiri, mengurangi ketergantungan pada pembelian listrik dari penyedia jasa listrik. Seiring waktu, investasi dalam pemasangan PLTS atap dapat mengurangi biaya tagihan listrik secara signifikan.

4. Peningkatan Nilai Properti: Pemasangan PLTS atap pada bangunan juga dapat meningkatkan nilai properti. Lebih banyak orang yang tertarik untuk membeli atau menyewa bangunan yang telah dipasang dengan sistem energi terbarukan, seperti PLTS atap.

Memilih Jenis PLTS Atap yang Tepat

Berikut adalah beberapa pilihan sistem PLTS atap yang umumnya tersedia:

1. Sistem Terhubung ke Grid (On-Grid): Jenis ini mengizinkan pengguna untuk terhubung ke jaringan listrik publik. Kelebihan energi yang dihasilkan oleh PLTS atap dapat dijual kembali ke penyedia listrik, memberikan keuntungan finansial tambahan.

2. Sistem Tidak Terhubung ke Grid (Off-Grid): Sistem ini lebih cocok untuk lokasi yang terpencil atau sulit dijangkau oleh jaringan listrik publik. PLTS atap berfungsi sebagai sumber utama listrik dan biasanya dilengkapi dengan sistem penyimpanan baterai untuk digunakan saat sinar matahari tidak tersedia.

3. Sistem Hibrida: Jenis ini menggabungkan antara sistem terhubung ke grid dan tidak terhubung ke grid. Sistem ini memungkinkan pengguna untuk tetap menggunakan listrik dari jaringan publik saat energi yang dihasilkan PLTS tidak mencukupi.

Penutup

Panduan lengkap memahami PLTS atap di Tulungagung memberikan wawasan mendalam tentang teknologi energi terbarukan yang ramah lingkungan ini. PLTS atap adalah cara yang efisien dan berkelanjutan untuk menghasilkan listrik. Pasang PLTS sekarang dengan jasa Atonergi!

By: Yee Atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

Minato: 0812-3460-5879
Denis: 0813-5735-0979
Karina: 0811-328-7979

Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha × 2 = 6