Mengenal Sistem Pompa Air Tenaga Surya yang Efektif

Sumber: dokumen Atonergi

Dalam dunia yang semakin berkembang ini, memanfaatkan sumber daya alam dengan lebih efisien dan ramah lingkungan adalah kunci untuk mencapai keberlanjutan. Sistem pompa air tenaga surya adalah suatu teknologi sebagai solusi untuk memenuhi kebutuhan air tanpa mengandalkan energi fosil yang terbatas.

Bagaimana Cara Kerja Sistem Pompa Air Tenaga Surya?

Berikut ini adalah cara kerja dari PATS.

1. Penangkapan Energi Surya: Panel surya terpasang di lokasi dengan paparan sinar matahari maksimum. Ketika sinar matahari mengenai panel, sel-sel fotovoltaik dalam panel mengubah energi matahari menjadi listrik DC (arus searah).

2. Konversi ke Listrik AC: Listrik DC yang dihasilkan oleh panel surya kemudian diubah menjadi listrik AC (arus bolak-balik) menggunakan inverter. Listrik AC diperlukan untuk mengoperasikan motor pompa.

3. Penggerak Pompa Air: Listrik AC dari inverter menggerakkan motor pompa air. Motor ini memompa air dari sumbernya melalui pipa dan mengantarkannya ke tempat yang diinginkan, seperti tangki penyimpanan atau sistem irigasi.

4. Penyimpanan Energi: Beberapa sistem PATS dilengkapi dengan baterai untuk menyimpan kelebihan energi surya yang dihasilkan selama periode sinar matahari berlimpah. Baterai ini membantu menjaga ketersediaan pasokan air bahkan saat matahari tidak bersinar.

Baca juga artikel tentang Tips Perawatan Pompa Dorong Air Tenaga Surya Perlu Diketahui

Tips Memilih Sistem Pompa Air Tenaga Surya yang Tepat

Memilih sistem PATS yang tepat adalah langkah penting dalam memastikan Anda mendapatkan kinerja yang optimal dan nilai investasi yang maksimal. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda memilih sistem yang sesuai dengan kebutuhan Anda:

1. Tentukan Kebutuhan Air Anda: Pertama, tentukan seberapa banyak air yang Anda butuhkan untuk memenuhi kebutuhan harian Anda. Ini termasuk kebutuhan air untuk irigasi, pemompaan air minum, atau keperluan lainnya.

2. Evaluasi Daya Pompa: Pastikan daya pompa air cukup untuk memenuhi kebutuhan air Anda. Daya pompa dipengaruhi oleh kedalaman sumur, jarak pengiriman, dan tinggi pemompaan.

3. Periksa Ketersediaan Sinar Matahari: Analisis lokasi untuk memastikan bahwa area tersebut memiliki paparan sinar matahari yang cukup untuk menghasilkan energi surya yang cukup sepanjang tahun.

4. Tentukan Ukuran Panel Surya: Berdasarkan kebutuhan energi dan lokasi sinar matahari, tentukan jumlah dan ukuran panel surya yang diperlukan.

5. Pertimbangkan Sistem Penyimpanan Energi: Jika Anda tinggal di daerah dengan gangguan pasokan listrik atau ingin kemandirian energi penuh, pertimbangkan sistem penyimpanan energi baterai untuk menyimpan kelebihan energi surya.

Penutup

Sistem pompa air tenaga surya adalah inovasi yang menarik dalam memanfaatkan energi matahari untuk memenuhi kebutuhan air dengan cara yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. Mari menggunakan PATS untuk kebutuhan air dengan produk dan jasa instalasi dari Atonergi!

By: Yee Atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

Minato: 0812-3460-5879
Denis: 0813-5735-0979
Karina: 0811-328-7979

Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 50 − 44 =